Skip to main content

Perkirakan Puncak Arus Mudik Tepat pada Hari Raya Lebaran


Tanggal 15 Juni 2018 diprediksi sebagai puncak arus mudik oleh Kemenhub (Kementrian Perhubungan). Kemudian berdasarkan hitungan dari tim litbang Kemenhub, pada lebaran kali ini arus mudik akan terbagi menjadi tiga gelombang. 

Gelombang pertama yaitu arus mudik pada tanggal 8 dan 9 Juni, kemudian gelombang kedua arus mudik tanggal 12 dan 13 Juni dna gelombang ketiga yaitu pada tanggal 15 Juni saat hari H Idul Fitri. Kata Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, saat ditemui di Gedung Kementrian Perhubungan Jakarta pada Senin (11/6) lalu menyebutkan bahwa lonjakan mudik diprediksi akan terjadi tepat pada hari raya lebaran.

Adanya pola mudik lebaran ini, berdampak dari perpanjangan masa cuti bersama. Biasanya pemudik memilih melaksanakan shalat Ied terlebih dahulu di Jakarta, baru kemudian pulang kampung pada hari raya lebaran setelah shalat ied. Kata Budi, kemungkinan pemudik lebih memilih siang saat pulang kampung sebab logikanya libur lebaran saat ini memiliki waktu yang lebih panjang. 

Kemenhub akan tetap terus mengawasi serta mengantisipasi adanya lonjakan pemudik pada titik-titik rawan. Pihaknya akan segera mengambil langkah cepat apabila terdapat penumpukan arus mudik di titik-titik tertentu. Selanjutnya untuk prediksi lonjakan pemudik pada hari Senin (11/6) dan hari selasa (12/6), Budi memperkirakan jika arus mudik akan lancar dan terkendali,baru lusa kemudian akan terjadi lonjakan arus mudik yang signifikan.

Beberapa daerah kini mulai menunjukkan titik kemacetan. Seperti dilansir oleh akun twitter milik PT. Jasa Marga (Persero) yang menyatakan pada H-2 menjelang lebaran yaitu sejak Selasa (12/6) pada pukul 23.30 WIB terjadi kepadatan arus lalu lintas di ruas tol Jakarta – Cikampek. Bahkan hingga Rabu (13/6) pukul 09.00 antrean di ruas jalan tol tersebut masih padat.


Maka untuk mengatasi kepadatan arus mudik ini, sejak Rabu pagi (13/6) kepolisian menambahkan lajur lawan arah atau contraflow dengan panjang sekitar 32 km. Para pengandara melalui pintu keluar Cikarang Utama 3, diarahkan melalui jalan arteri. Hingga saat ini Kementrian Perhubungan serta pihak lainnya yang terkait masih memantau arus mudik serta datangnya kendaraan. Apalagi kedatangan kendaraan dari arah Bekasi Barat, Cikarang, Bekasi Timur, Karawang, Garut dan Cipali. 

M. Ridwan, Ketua Posko Harian Jasa Marga M, meyebutkan bahwa kepadatan di tol dapat dikurangi dengan mengarahkan pengendara melewati jalur alternatif dengan lewat Cikampek lama atau Karawang. Apabila kondisi jalan sudah normal, pengendara bisa kembali melewati tol.

Gelombang mudik sebenarnya telah dimulai sejak minggu lalu. Data kementrian Perhubungan menyebutkan jika volume kendaraan mudik lebaran terbanyak memiliki total 109.164 pada Sabtu (9/6). Kemudian pada H-3 lebaran, volume kendaraan menurun. Kementrian Perhubungan menunjukkan data jumlah kendaraan pada H-3 sebanyak 104.690 kendaraan. 

Meskipun jumlahnya menurun, namun dibandingkan tahun 2017 lalu, volume kendaraan di tahun ini meningkat bahkan hingga 206 persen. Dirjen Hubdar Nurhadi Unggul Wibowo selaku ketua Posko Harian, menambahkan jika puncak mudik ke arah timur terjadi pada malam hari. Hal ini disebabkan kedatangan kendaraan yang tidak merata sehingga pada malam hari menumpuk. 

Demikian info terkait mudik lebaran. Bagi para pemudik diharapkan tetap waspada dan berhati-hari selama dalam perjalanan. Jika merasa lelah, sebaiknya berhenti pada posko-posko mudik yang tersedia di sepanjang jalan agar Anda dapat beristirahat untuk sekedar duduk atau tidur.

Jangan memaksakan diri mengendarai kendaraan dalam keadaan mengantuk sebab resiko kecelakaan besar. Bagi kalian yang ingin update seputar berita terkini, silahkan kunjungi terus Diversitybeautiful.com.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

4 Perlengkapan dari Kain Untuk Bayi Baru Lahir

diversitybeautiful.com - Kelahiran seorang bayi adalah hal yang membahagiakan untuk orang tuanya. Karena itulah, banyak orang tua yang mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum mereka lahir ke dunia ini. Seringkali orang tua lupa memprioritaskan apa saja barang-barang yang perlu dibeli terlebih dahulu. Untuk membantu Anda menyusun skala prioritas pembelian, berikut ini adalah 4 perlengkapan bayi baru lahir dari kain yang wajib Anda miliki: Baju Bayi  Perlengkapan yang pertama adalah baju bayi. Tentu hal ini harus sudah dibeli sebelum bayi lahir. Jika Anda mengetahui jenis kelaminnya, Anda bisa menyesuaikan warna sesuai gender. Tetapi bila tidak mengetahui, Anda bisa membeli warna-warna netral seperti putih, kuning dan hijau. Ada beberapa jenis baju bayi yang perlu Anda beli. Mulai dari kaos tangan pendek, kaos tangan panjang, singlet, celana pendek dan celana panjang.  Anda bisa memperkirakan pembelian baju bayi ini sesuai dengan kebutuhan saja. Biasanya, orang akan membeli minimal 12 pc

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku