Skip to main content

Berikut Ini Tips Supaya Menjadi Pendengar yang Baik

pendengar yang baik

Dewasa ini banyak sekali kursus-kursus atau seminar tentang publik speaking, yakni suatu acara yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin memiliki keterampilan berbicara yang baik dan benar di depan orang banyak. 

Memang memiliki keterampilan berbicara yang baik dan benar di depan orang banyak merupakan sesuatu yang sangat penting pada saat ini, terutama bagi para profesional yang memang kerjanya banyak berbicara di depan publik, seperti motivator, sales, pengajar, dan lain sebagainya. 

Namun menjadi pendengar yang baik juga sangat penting bagi anda. Untuk itu dalam tulisan kali ini akan memberikan beberapa tips supaya menjadi pendengar yang baik sebagai berikut :

1. Jangan Berbicara Dulu! Dengarkan

Pada dasarnya orang membutuhkan kesempatan untuk menuangkan ide serta pikirannya. Sehingga seorang pendengar yang baik akan membiarkan mereka melakukan itu. Karena jika anda banyak memotong pembicaraan mereka, maka mereka akan merasa  bahwa anda tidak tertarik dengan dengan apa-apa yang dikatakannya tersebut, selain itu banyak memotong pembicaraan orang lain itu merupakan hal yang tidak baik dan tidak sopan.

2. Jangan Langsung Menyimpulkan

Pada saat orang sudah mendapatkan esensi dari pembicaraan lawan bicaranya, biasanya orang tersebut langsung menyimpulkan atau menebak apa-apa yang akan dikatakan selanjutnya oleh lawan bicaranya. Padahal bisa saja lawan bicara anda tidak sejalan dengan pikiran anda, atau tidak memiliki maksud seperti yang anda kira.

3. Mendengar ‘Diantara 2 garis”

Dalam hal ini anda harus fokus pada apa yang dikatakan serta yang tidak dikatakan oleh lawan bicara. Karena sering maksud dari pembicaraan bisa tersirat dari ekspresi muka, gerak tubuh, dan intonasi suara. Banyak orang yang tidak mengatakan apa yang mereka maksud, namun bahasa tubuh mereka bisa menjadi indikator yang akurat soal sikap dan emosinya.

4. Bertanyalah

Jika anda belum yakin dengan apa yang dimaksud oleh lawan bicara, anda bisa bertanya kepadanya seperti “Yang anda maksud...?” atau “ Apakah saya mengerti bahwa anda mengatakan....?” Ini suatu tindakan yang baik jika anda mengulang apa yang dimaksud dengan menggunakan kalimat anda sendiri untuk mengkonfirmasi bahwa anda mengerti apa yang dimaksud lawan bicara anda.

5. Jangan Biarkan Konsentrasi Anda Terganggu

Pada saat lawan bicara anda sedang berbicara, mungkin ada saja hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi anda untuk menyimaknya. Untuk supaya anda tetap fokus pada lawan bicara, anda bisa melakukannya dengan cara melakukan kontak mata dengan lawan bicara anda.

6. Selalu Berpikir Terbuka

Dalam hal ini anda jangan hanya mau mendengar pembicaraan yang anda sukai saja atau sejalan dengan pandangan anda. Namun anda juga harus mencoba untuk mendengarkan pembicaraan yang tidak menarik bagi anda serta tidak sesuai dengan pandangan anda.

7. Manfaatkan Kemampuan Daya Pikir 

Perlu diketahui bahwa rata-rata orang yang mendengarkan bisa berpikir empat kali lebih cepat dibandingkan dengan lawan bicara. Sehingga pada saat mendengarkan gunakan kemampuan ini untuk menyimpulkan esensi yang telah disampaikan dan simpanlah ide inti tersebut dalam pikiran anda.

8. Berikan Umpan Balik

Dalam hal ini lakukan kontak mata dengan lawan bicara anda. Kemudian tunjukkan bahwa anda mengerti dengan apa yang dikatakan oleh lawan bicara dengan cara menganggukan kepala, duduk dengan sikap tegak, dan kalau perlu anda bisa berkomentar di sela-sela pembicaranya misalnya : “saya mengerti”, “sangat menarik”, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa  tips supaya anda bisa menjadi pendengar yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku

Inilah Arti dari Sholat Tahajud!

diversitybeautiful.com - Melakukan sholat tahajud bertujuan untuk memohon doa dan meminta hajat, dan dengan waktu yang diperlukan merupakan yang sangat tepat untuk bisa dikabulkannya doa dan permintaan Anda. Ada beberapa doa yang bisa diucapkan setelah Anda melakukan sholat tahajud, sesuai yang sudah ditentukan dalam agama Islam. Beberapa doa tersebut memiliki kandungan arti yang berbeda-beda, diantaranya ada 6 kandungan arti dari doa sholat tahajud tesebut yaitu sebagai berikut.  1. Doa Memuji Kebesaran Allah Doa pertama yang biasanya kita panjatkan adalah memuji semua kebesaran dan sifat-sifat dari Allah, sebelum kita memulai untuk permintaan kita sendiri. Maka kita memiliki sifat rendah diri dan rendah hati jika berhadapan denganNya, itulah kandungan arti dari doa sholat tahajud yang pertama kali kita lakukan. Memuji kebesaran dan kekuasaannya adalah kewajiban, karena itu artinya kita mengakui dan menyadari kebesaran dari Allah sang pencipta. 2. Doa Ampunan Dosa Sebagai manusia