Skip to main content

Inilah Pengertian, Gejala, dan Penyebab Baby Blues Syndrome


Sebagai orang tua terutama seorang ibu, tentunya akan merasa senang dan bahagia jika memiliki seorang bayi. Namun ada beberapa ibu yang tidak merasakan hal seperti ini pada saat awal kelahiran.

Justru sebaliknya ibu tersebut merasa sangat sedih di hari-hari setelah bayi lahir dan itu sangat normal. Perasaan sedih dan khawatir ini sering disebut dengan istilah Baby Blues Syndrome.

Baby Blues ini juga dikenal sebagai postpartum blues atau postpartum distress syndrome, ini merupakan perasaan emosional seorang ibu pasca melahirkan.

Pada kondisi seperti ini, biasanya ibu yang baru melahirkan akan merasa mudah menangis, mudah tersinggung, serta sedikit tertekan.

Memang tidak semua ibu yang mengalami kondisi seperti ini, namun sebagian besar dari mereka akan merasakan kondisi Baby Blues Syndrome ini. Dalam hal ini, diperkirakan sebanyak 50-80% ibu yang baru melahirkan akan mengalami Baby Blues Syndrome.

Gejala Baby Blues Syndrome


Setelah anda mengetahui pengertian dari Baby Blues Syndrome, maka berikutnya yang harus anda ketahui adalah gejala dari Baby Blues Syndrome ini.

  • Pertama ibu akan menangis tanpa alasan yang jelas.
  • Lalu ibu akan merasa mudah kesal
  • Ibu cepat merasa lelah dan letih
  • Ibu merasa tidak memiliki rasa percaya diri
  • Ibu akan mudah tersinggung
  • Ibu akan merasa sulit untuk beristirahat
  • Yang akhirnya ibu akan merasa enggan untuk mengurus si kecil. 

Penyebab Baby Blues Syndrome


Perlu diketahui bahwa penyebab terjadinya Baby Blues Syndrome ini adalah dikarenakan hormon. Dalam hal ini, tubuh ibu akan mengalami perubahan yang besar pasca melahirkan.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan proses kelahiran itu sendiri sangat menguras tenaga dan melelahkan, yang kemudian susu (ASI) akan keluar dengan sendirinya.

Selain itu, hormon yang dibutuhkan untuk melahirkan akan berkurang, serta hormon lainnya yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI akan semakin meningkat. Tentunya semua ini bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kejiwaan/emosional ibu.

Belum lagi ditambah dengan adanya tanggung jawab baru untuk merawat sang bayi yang baru saja lahir. Karena merawat serta kesadaran baru bahwa hal baru ini akan membawa perubahan di kehidupan ibu.

Sehingga tidak aneh kalau banyak ibu yang belum siap dan kewalahan untuk menerima keadaan seperti ini.

Kondisi Baby Blues ini, biasanya akan dialami oleh ibu dalam 14 hari pertama setelah melahirkan, dan saat terburuk adalah 3-4 hari pasca melahirkan.

Demikianlah artikel kali ini semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Diversitybeautiful.com.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

4 Perlengkapan dari Kain Untuk Bayi Baru Lahir

diversitybeautiful.com - Kelahiran seorang bayi adalah hal yang membahagiakan untuk orang tuanya. Karena itulah, banyak orang tua yang mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum mereka lahir ke dunia ini. Seringkali orang tua lupa memprioritaskan apa saja barang-barang yang perlu dibeli terlebih dahulu. Untuk membantu Anda menyusun skala prioritas pembelian, berikut ini adalah 4 perlengkapan bayi baru lahir dari kain yang wajib Anda miliki: Baju Bayi  Perlengkapan yang pertama adalah baju bayi. Tentu hal ini harus sudah dibeli sebelum bayi lahir. Jika Anda mengetahui jenis kelaminnya, Anda bisa menyesuaikan warna sesuai gender. Tetapi bila tidak mengetahui, Anda bisa membeli warna-warna netral seperti putih, kuning dan hijau. Ada beberapa jenis baju bayi yang perlu Anda beli. Mulai dari kaos tangan pendek, kaos tangan panjang, singlet, celana pendek dan celana panjang.  Anda bisa memperkirakan pembelian baju bayi ini sesuai dengan kebutuhan saja. Biasanya, orang akan membeli minimal 12 pc

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku