Skip to main content

Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh


Diversitybeautiful.com - Seperti yang diketahui bahwa pepaya merupakan salah satu jenis buah yang sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Rasanya yang manis dan enak, baik dikonsumsi secara langsung, di jus atau diolah terlebih dahulu. membuat banyak orang menyukainya.

Selain itu, buah pepaya ini juga kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, mineral dan enzim yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan diet.

Bukan hanya buahnya, namun daun pepaya juga bisa dikonsumsi dan banyak manfaatnya.

Daun pepaya ini rasanya memang agak pahit saat dikonsumsi. Namun, di balik rasanya yang pahit itu ternyata daun pepaya banyak mengandung zat-zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya adalah vitamin B1, A dan C. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan gizi yang cukup seperti vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Bukan hanya itu, daun pepaya juga mengandung zat papain tinggi sehingga menjadikan rasanya yang pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik, yakni bisa meningkatkan nafsu makan.

Lalu apa manfaat daun pepaya untuk kesehatan manusia?

1. Dapat Meredakan Kram Menstruasi


Manfaat daun pepaya yang pertama adalah bisa meredakan kram saat menstruasi. Caranya adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa.

Sesudah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Dengan meminum ramuan ini dalam keadaan masih hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid bisa segera diatasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah rebusan daun pepaya ini beberapa kali dalam sehari.

2. Dapat Menambah Kelancaran Asi Bagi Ibu Menyusui


Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah bisa memperlancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Oleh karena itu, bagi ibu yang sedang menyusui sebaiknya mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya guna menambah kelancaran ASI-nya.

Cara mengaplikasikannya tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu saja, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan.

Nah, untuk mengolahnya tentunya harus dengan proses pengolahan yang benar supaya rasa pahitnya tidak terlalu terasa.

3. Untuk Mengatasi Demam Berdarah



Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Kandungan aktif yang terdapat pada daun pepaya ini memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah.

Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut :Pertama rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum.

4. Dapat Memperbaiki Saluran Pencernaan


Dengan mengonsumsi daun pepaya juga bisa melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya zat karpin pada daun pepaya. Dimana, zat karpin ini bisa membasmi mikroorganisme jahat yang mengganggu saluran pencernaan.

5. Dapat Mencegah Risiko Kanker


Manfaat daun pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mencegah risiko kanker. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jadi, kandungan antioksidan ini sangat bagus untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat menurunkan risiko kanker.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan manusia, semoga ada guna dan manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog

Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya

Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol.  CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL BAHAN-BAHAN 300 gram jengkol  5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap  ½ sendok teh merica  5 sdm kecap manis ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar  100 ml air  2 lembar daun salam  1 sdm gula merah yang sudah diserut  Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah  ½ butir pala  ½ sendok teh jinten  8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera  1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera  2 buah kemiri  2-3 siung bawang putih Baca Juga : RESEP MEMBUAT SAPO TAHU SEDERHANA KAYA ISIAN CAR