Skip to main content

Kanker Serviks: Faktor Resiko dan Tanda-Tandanya

kanker-serviks

Diversitybeautiful.com - Sebagaimana yang diketahui bahwa kanker rahim / kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum wanita karena kesuburan dan nyama menjadi taruhannya.

Maka dari itu, anda harus mengetahui tanda - tanda kanker serviks supaya bisa memeriksakannya sejak dini ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat. Karena bagaimanapun rahim merupakan bagian dari organ reproduksi wanita.

Dimana, fungsi utama dari rahim ini adalah sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya janin sebelum dilahirkan.

Namun sayangnya, sel-sel kanker yang muncul pada organ vital ini bisa membuat seorang wanita kehilangan rahim.

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Serviks


Walapun penyebab kanker rahim/serviks ini belum bisa diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko wanita terkena penyakit ini, yakni :

  • Menderita diabetes dan tekanan darah tinggi
  • Memiliki berat badan yang berlebih/kegemukan
  • Berusia 60 tahun ke atas
  • Mendapat menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
  • Pernah menjalani terapi radiasi pada panggul
  • Memiliki keluarga yang menderita kanker rahim
  • Menderita tumor ovarium atau sindrom ovarium polikistik
  • Mengonsumsi obat hormon estrogen tanpa progesteron, atau mengonsumsi obat tertentu, seperti tamoxifen untuk mengobati kanker payudara

Perlu diketahui bahwa beberapa risiko di atas tidaklah mutlak, karena ada juga wanita yang masuk dalam daftar tersebut namun tidak menderita kanker serviks.

Sebaliknya, ada wanita yang tidak memiliki risiko di atas tapi terkena kanker serviks.

Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Tanda - Tanda Kanker Serviks


Sangat penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks supaya penyakit ganas ini bisa terdeteksi sedini mungkin.

Lalu apa saja tanda-tanda kanker serviks itu? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Perdarahan Abnormal


Perlu diketahui tanda awal kanker serviks yang paling sering dialami oleh seorang wanita adalah terjadinta perdarahan vagina yang tidak normal atau berkepenjangan.

Misalnya, perdarahan setelah menopause, di antara siklus menstruasi, dan perdarahan setelah berhubungan seks dengan pasangan.

Keputihan Berbau


Biasanya keputihan yang normal itu berwarna putih, tidak berbau, dan jumlahnya tidak berlebihan.

Namun, jika munculnya keputihan itu berwarna merah muda atau cikelat, mengandung darah, atau disertai bau busuk maka itu bisa tanda adanya masalah atau gangguan pada sistem reproduksi termasuk kanker rahim.

Rasa Nyeri Saat Berhubungan Seks


Tanda kanker serviks selanjutnya adalah munculnya rasa nyeri/sakit saat berhubungan badan dengan pasangan. Biasanya rasa nyeri ini akan diikuti dengan perdarahan setelah berhubungan seks.

Nyeri Panggul


Timbulnya rasa nyeri panggul bisa menjadi gejala kanker serviks. Biasanya nyeri panggul yang merupakan tanda kanker serviks ini disertai dengan munculnya rasa sakit pada perut bagian bawah pusar. Dan rasa nyeri yang dirasakan bisa muncul terus menerus atau dan hilang timbul.

Nyeri Saat Buang Air Seni


Walaupun hal ini jarang terjadi, namun nyeri saat buang air seni juga bisa menjadi tanda kanker rahim. Rasa nyeri ini muncul diakibatkan pertumbuhan sel kanker yang menekan kemih serta saluran kemih.

Selain tanda-tanda di atas, hal lainnya yang bisa menjadi pertanda kanker serviks adalah hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan secara tiba-tiba, rasa lelah tanpa sebab, nyeri kaki, nyeri punggung, hingga pembengkakan pada kaki.

Oleh karena itu, jika anda mengalami tanda-tanda di atas maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Serviks

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog

Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya

Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol.  CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL BAHAN-BAHAN 300 gram jengkol  5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap  ½ sendok teh merica  5 sdm kecap manis ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar  100 ml air  2 lembar daun salam  1 sdm gula merah yang sudah diserut  Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah  ½ butir pala  ½ sendok teh jinten  8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera  1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera  2 buah kemiri  2-3 siung bawang putih Baca Juga : RESEP MEMBUAT SAPO TAHU SEDERHANA KAYA ISIAN CAR