Skip to main content

Kanker Serviks: Faktor Resiko dan Tanda-Tandanya

kanker-serviks

Diversitybeautiful.com - Sebagaimana yang diketahui bahwa kanker rahim / kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum wanita karena kesuburan dan nyama menjadi taruhannya.

Maka dari itu, anda harus mengetahui tanda - tanda kanker serviks supaya bisa memeriksakannya sejak dini ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat. Karena bagaimanapun rahim merupakan bagian dari organ reproduksi wanita.

Dimana, fungsi utama dari rahim ini adalah sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya janin sebelum dilahirkan.

Namun sayangnya, sel-sel kanker yang muncul pada organ vital ini bisa membuat seorang wanita kehilangan rahim.

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Serviks


Walapun penyebab kanker rahim/serviks ini belum bisa diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko wanita terkena penyakit ini, yakni :

  • Menderita diabetes dan tekanan darah tinggi
  • Memiliki berat badan yang berlebih/kegemukan
  • Berusia 60 tahun ke atas
  • Mendapat menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
  • Pernah menjalani terapi radiasi pada panggul
  • Memiliki keluarga yang menderita kanker rahim
  • Menderita tumor ovarium atau sindrom ovarium polikistik
  • Mengonsumsi obat hormon estrogen tanpa progesteron, atau mengonsumsi obat tertentu, seperti tamoxifen untuk mengobati kanker payudara

Perlu diketahui bahwa beberapa risiko di atas tidaklah mutlak, karena ada juga wanita yang masuk dalam daftar tersebut namun tidak menderita kanker serviks.

Sebaliknya, ada wanita yang tidak memiliki risiko di atas tapi terkena kanker serviks.

Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Tanda - Tanda Kanker Serviks


Sangat penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks supaya penyakit ganas ini bisa terdeteksi sedini mungkin.

Lalu apa saja tanda-tanda kanker serviks itu? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Perdarahan Abnormal


Perlu diketahui tanda awal kanker serviks yang paling sering dialami oleh seorang wanita adalah terjadinta perdarahan vagina yang tidak normal atau berkepenjangan.

Misalnya, perdarahan setelah menopause, di antara siklus menstruasi, dan perdarahan setelah berhubungan seks dengan pasangan.

Keputihan Berbau


Biasanya keputihan yang normal itu berwarna putih, tidak berbau, dan jumlahnya tidak berlebihan.

Namun, jika munculnya keputihan itu berwarna merah muda atau cikelat, mengandung darah, atau disertai bau busuk maka itu bisa tanda adanya masalah atau gangguan pada sistem reproduksi termasuk kanker rahim.

Rasa Nyeri Saat Berhubungan Seks


Tanda kanker serviks selanjutnya adalah munculnya rasa nyeri/sakit saat berhubungan badan dengan pasangan. Biasanya rasa nyeri ini akan diikuti dengan perdarahan setelah berhubungan seks.

Nyeri Panggul


Timbulnya rasa nyeri panggul bisa menjadi gejala kanker serviks. Biasanya nyeri panggul yang merupakan tanda kanker serviks ini disertai dengan munculnya rasa sakit pada perut bagian bawah pusar. Dan rasa nyeri yang dirasakan bisa muncul terus menerus atau dan hilang timbul.

Nyeri Saat Buang Air Seni


Walaupun hal ini jarang terjadi, namun nyeri saat buang air seni juga bisa menjadi tanda kanker rahim. Rasa nyeri ini muncul diakibatkan pertumbuhan sel kanker yang menekan kemih serta saluran kemih.

Selain tanda-tanda di atas, hal lainnya yang bisa menjadi pertanda kanker serviks adalah hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan secara tiba-tiba, rasa lelah tanpa sebab, nyeri kaki, nyeri punggung, hingga pembengkakan pada kaki.

Oleh karena itu, jika anda mengalami tanda-tanda di atas maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Serviks

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Manfaat Jam Tangan untuk Pria

Meskipun kini perkembangan teknologi sudah sangat maju dan hampir semua lapisan kalangan masyarakat Indonesia sudah menggunakan smartphone tapi tetap saja masih banyak yang menggunakan jam tangan untuk menentukan waktu. Ketika di tanya kenapa masih suka memakai jam ada jawaban dan alasan yang beragam yang di berikan oleh orang-orang tersebut.
Ada yang menjawab bahwa jam lebih simple untuk di gunakan melihat waktu atau tanggal. Ada juga yang memberi alasan bahwa meskipun smartphone sudah canggih tetapi kadang ada waktu dan keadaan yang tidak memungkinkan untuk melihat jam di smartphone mereka. Ada juga yang menjawab bahwa menggunakan jam tangan dapat lebih menunjang penampilan dan membuat tingkat kepercayaan diri mereka naik.
Terlepas dari berbagai alasan di atas, memang penggunaan jam akan sangat sulit untuk di hilangkan dari budaya orang Indonesia. Bentuknya yang simpel dan dapat di pakai di tangan sehingga memudahkan pemakainya untuk melihat jam atau waktu tanpa harus mengeluarkan …

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com- Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti.

Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil.

Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita, ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho.

Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

1. Beras Merah
Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah?

Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek.

Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbohidrta komplek ini …

Rekomendasi 5 Game Offline Android Terbaik

Diversitybeautiful.com - Game offline biasa dikaitkan dengan sebuah playstation atau PC yang membutuhkan layar dan processor yang bisa dibilang besar, tetapi sekarang ini kalian dapat memainkannya dengan mudah dimanapun kapanpun dengan hanya menggunakan android kalian.

Kalian juga tidak perlu khawatir dengan kuota kalian yang sedikit, karena saat ini banyak sekali platform yang menyediakan berbagai macam pilihan game android terbaik yang bisa dimainkan secara offline juga online .

Berbagai teknologi canggih hingga fitur dan spesifikasi yang ada pada sebuah smartphone terus dihadirkan untuk memudahkan juga membuat para penggunanya merasa nyaman menggunakan android ataupun iOs.

Tidak hanya sebagai sarana berkomunikasi, tetapi sekarang ini smartphone juga sering dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk bermain game.

Berikut ini merupakan game offline terbaik untuk smartphone android kalian yang bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja, langsung aja download dan mainkan …