Skip to main content

Kanker Serviks: Faktor Resiko dan Tanda-Tandanya

kanker-serviks

Diversitybeautiful.com - Sebagaimana yang diketahui bahwa kanker rahim / kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum wanita karena kesuburan dan nyama menjadi taruhannya.

Maka dari itu, anda harus mengetahui tanda - tanda kanker serviks supaya bisa memeriksakannya sejak dini ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat. Karena bagaimanapun rahim merupakan bagian dari organ reproduksi wanita.

Dimana, fungsi utama dari rahim ini adalah sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya janin sebelum dilahirkan.

Namun sayangnya, sel-sel kanker yang muncul pada organ vital ini bisa membuat seorang wanita kehilangan rahim.

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Serviks


Walapun penyebab kanker rahim/serviks ini belum bisa diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko wanita terkena penyakit ini, yakni :

  • Menderita diabetes dan tekanan darah tinggi
  • Memiliki berat badan yang berlebih/kegemukan
  • Berusia 60 tahun ke atas
  • Mendapat menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
  • Pernah menjalani terapi radiasi pada panggul
  • Memiliki keluarga yang menderita kanker rahim
  • Menderita tumor ovarium atau sindrom ovarium polikistik
  • Mengonsumsi obat hormon estrogen tanpa progesteron, atau mengonsumsi obat tertentu, seperti tamoxifen untuk mengobati kanker payudara

Perlu diketahui bahwa beberapa risiko di atas tidaklah mutlak, karena ada juga wanita yang masuk dalam daftar tersebut namun tidak menderita kanker serviks.

Sebaliknya, ada wanita yang tidak memiliki risiko di atas tapi terkena kanker serviks.

Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Tanda - Tanda Kanker Serviks


Sangat penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks supaya penyakit ganas ini bisa terdeteksi sedini mungkin.

Lalu apa saja tanda-tanda kanker serviks itu? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Perdarahan Abnormal


Perlu diketahui tanda awal kanker serviks yang paling sering dialami oleh seorang wanita adalah terjadinta perdarahan vagina yang tidak normal atau berkepenjangan.

Misalnya, perdarahan setelah menopause, di antara siklus menstruasi, dan perdarahan setelah berhubungan seks dengan pasangan.

Keputihan Berbau


Biasanya keputihan yang normal itu berwarna putih, tidak berbau, dan jumlahnya tidak berlebihan.

Namun, jika munculnya keputihan itu berwarna merah muda atau cikelat, mengandung darah, atau disertai bau busuk maka itu bisa tanda adanya masalah atau gangguan pada sistem reproduksi termasuk kanker rahim.

Rasa Nyeri Saat Berhubungan Seks


Tanda kanker serviks selanjutnya adalah munculnya rasa nyeri/sakit saat berhubungan badan dengan pasangan. Biasanya rasa nyeri ini akan diikuti dengan perdarahan setelah berhubungan seks.

Nyeri Panggul


Timbulnya rasa nyeri panggul bisa menjadi gejala kanker serviks. Biasanya nyeri panggul yang merupakan tanda kanker serviks ini disertai dengan munculnya rasa sakit pada perut bagian bawah pusar. Dan rasa nyeri yang dirasakan bisa muncul terus menerus atau dan hilang timbul.

Nyeri Saat Buang Air Seni


Walaupun hal ini jarang terjadi, namun nyeri saat buang air seni juga bisa menjadi tanda kanker rahim. Rasa nyeri ini muncul diakibatkan pertumbuhan sel kanker yang menekan kemih serta saluran kemih.

Selain tanda-tanda di atas, hal lainnya yang bisa menjadi pertanda kanker serviks adalah hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan secara tiba-tiba, rasa lelah tanpa sebab, nyeri kaki, nyeri punggung, hingga pembengkakan pada kaki.

Oleh karena itu, jika anda mengalami tanda-tanda di atas maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Serviks

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Ciri-Ciri Sperma yang Subur

Diversitybeautiful.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa kalau masalah kesuburan itu hanya untuk wanita saja. Padahal sebenarnya kesuburan dari suami maupun istri perlu sama-sama diperhatikan karena bisa meningkatkan peluang untuk terjadinya kehamilan. Tentunya menghitung masa subur pria ini berberda dengan masa subur wanita. Dimana cara menghitung masa subur pria ini dapat ditentukan dari kuantitas, kualitas, struktur hingga pergerakan sperma. Selain itu ada beberapa faktor lainnya seperti hormon yang juga bisa mempengaruhi kesuburan. Jadi, jika semua ini dipenuhi, maka seorang pria bisa dikatakan subur dan spermanya mampu berfungsi dalam membuahi sel telur wanita. Seperti yang sudah diketahui, bahwa sperma ini merupakan sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Sperma ini bisa disebut juga spermatozoa atau air mani. Sperma ini mulai diproduksi pada saat menginjak usia pubertas sampai akhir hayat. Dan sperma ini merupakan hal yang sangat penting bagi kau

Manfaat Air Kelapa Hijau Sebagai Bahan Makanan

Diversitybeautiful.com - Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Banyak yang mengkonsumsi kelapa hijau karena banyaknya kebaikan yang diberikan untuk tubuh. Selain untuk kesehatan, kelapa hijau juga terkenal untuk kecantikan. Namun tahukah Anda jika air kelapa hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan? Apa saja yang bisa dilakukan oleh air kelapa hijau dalam bahan makanan? Yuk simak beberapa manfaatnya berikut ini. 1. Penghilang Bau Amis Saat memasak daging atau ikan pasti Anda sangat akrab dengan bau amis. Hal ini sudah tentu sangat mengganggu bukan? Nah, Anda bisa merendam daging yang berbau tak sedap ini dengan air kelapa hijau. Rendam selama beberapa menit atau sebentar saja sesuai dengan ukuran daging, maka bau amis pun akan hilang. Bau yang tidak enak akan berubah menjadi bau yang segar sehingga masakan lebih sedap. 2. Melunakkan Daging Anda suka memasak daging? Anda bisa menggunakan air kelapa hijau untuk memasak daging