Skip to main content

Ingin Tahu Cara Diet Sehat? Yuk, Kita Kepoin


Diversitybeautiful.com - Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa program diet selalu di identikan bagi orang-orang bertubuh gemuk berlebih (obesitas) yang ingin menurunkan berat badannya.

Padahal, program diet itu tidak selalu bertujuan untuk menurunkan berat badan saja. Hal itu pun terbukti, dimana ada sebagian orang yang melakukan diet untuk menambah berat badannya, atau melakukan diet agar berat tubuhnya tetap stabil.

Lantas, faktor apa sajakah yang bisa membuat seseorang mengalami obesitas?

Faktor Yang Menjadi Penyebab Obesitas


Faktor pertama yang menjadi penyebab dari obesitas, yaitu karena kurang tidur. Tak hanya terjadi pada orang dewasa, dampak yang satu ini juga bisa dialami oleh anak-anak yang berusia 5 tahun.

Soalnya, kekurangan tidur itu bisa memicu terjadinya perubahan hormone sehingga nafsu makan akan semakin bertambah.

Disamping itu, ternyata faktor keturunan juga dapat memicu terjadinya masalah obesitas. Ya, apabila salah satu anggota keluargamu memiliki riwayat obesitas, maka kemungkinan juga kamu akan terkena obesitas.

Bukan hanya itu, masalah obesitas juga bisa terjadi karena adanya gangguan hormone dalam tubuh bernama hormone gherlin.

Pada penderita obesitas, hormone tersebut tidak berfunsgi secara maksimal, sehingga tubuhnya akan merasa terus lapar.

Padahal, hormone gherlin ini berfungsi untuk mengatur rasa kenyang. Selain kelainan hormone, faktor kebiasaan dari masa kecil juga sangat beresiko terhadap masalah obesitas.

Misalnya, ada bayi yang lebih banyak minum susu formula ketimbang ASI. Berdasarkan dari hasil penelitian, kandungan pada susu formula akan mempengaruhi pembentukan bakteri di usus, yang bisa berpengaruh terhadap proses penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Faktor selanjutnya yang menjadi penyebab obesitas, yakni mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antidepresan, obat antikonvulsan, obat diabetes, pil kontrasepsi, obat penurun tekanan darah, dan obat steroid.

Istilah diet  sampai sekarang ini kerap diartikan sebagai rencana penyesuaian pola makan, termasuk rekomendasi serta pantangan menu, untuk mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Salah satu contohnya diet mediterania, yang biasa dilakukan oleh para pengidap penyakit jantung, sedangkan jenis diet dash bertujuan untuk mengendalikan kolesterol dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Pada intinya, kegiatan diet itu bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja. Pengaturan pola makan memiliki berbagai tujuan yang berbeda, dan tergantung pada masing-masing individu.

Kapan Seseorang Harus Melakukan Diet Sehat?


Sejatinya, tidak ada aturan khusus mengenai kapan waktu seseorang untuk menjalani program diet sehat. Mengapa demikian?

Pasalnya, diet pada dasarnya itu adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup manusia. Mengingat akan hal itu, kamu pun bisa memulai mengubah kebiasaan makan menjadi lebih baik dari sebelumnya kapan saja.

Disamping itu, pola makan yang sehat dan seimbang juga peran penting dalam membantu setiap organ tubuh agar bisa bekerja lebih optimal.

Jika nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuhmu akan rentan terhadap berbagai jenis penyakit, infeksi, kelelahan, hingga daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Nah, berbicara soal program diet, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan

10 Cara Diet Sehat yang Paling Recommended:


1. Hindari Minuman Beralkohol


Cara diet sehat yang pertama adalah menghindari minuman beralkohol. Soalnya, minuman beralkohol ini memiliki cenderung kandungan kalori yang tinggi yang bisa membuat program diet anda menjadi berantakan.

Selain itu, alkohol juga bisa membuat badan anda akan kehilangan mineral penting sehingga membuat tubuh anda mengalami dehidrasi.

2. Konsumsi Lemak Sehat


Cara diet sehat berikutnya adalah mengonsumsi lemak sehat. Biasanya lemak menjadi hal utama yang harus disingkirkan saat akan memulai program diet sehat.

Padahal ada juga lemak sehat yang justru dapat membantu mengurangi berat badan dengan sehat dan murah.

Adapun jenis makanan dengan lemak sehat ini diantaranya alpukat dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan ini akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

3. Sarapan Tinggi Protein


Cara diet sehat yang lainnya adalah sarapan tinggi protein. Jika anda sering sarapan dengan roti atau sereal, coba anda ganti dengan makanan yang tinggi protein seperti telur dan susu.

Karena dengan meningkatkan konsumsi protein pada pagi hari bisa membantu anda menghindari keinginan untuk ngemil yang berlebihan sepanjang hari.

4. Kurangi Makanan dan Minuman Yang Manis


Biasanya pada makanan dan minuman manis mengandung gula tambahan. Selain itu, makanan dan minuman masin ini tidak mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Perlu anda ingat, makanan organik dan minuman seperti jus buah juga bisa mengandung gula dalam jumlah cukup banyak. Oleh karena itu, biasakan membaca kandungan nutrisi sebelum makan.

5. Tidur Yang Cukup


Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa aktivitas yang bisa menurunkan berat badan adalah dengan olahraga.

Namun jangan salah, tidur pun bisa merupakan cara diet sehat yang alami. Memang tubuh anda membutuhkan olahraga, namun jangan lupa juga untuk memulihkan tenaga kembali dengan cara tidur yang cukup.

Dalam hal ini, banyak penelitian yang menyebautkan kebiasaan kurang tidur bisa menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh anda, misalnya risiko diabetes.

Tentunya hal ini bisa menghambat metabolisme tubuh untuk tidak maksimal. Nah, agar tubuh anda mendapatkan regenarasi yang maksimal, maka perbaiki gaya hidup anda dengan tidur yang cukup, misalnya 6-8 jam sehari.

Dengan demikian, metabolisme anda akan ikut diperbaiki dan siap untuk menyambut berat badan yang ideal.

Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

6. Rencanakan Menu Diet Sehat Dengan Gizi Seimbang


Apabila anda ingin menurunkan berat badan dengan cara diet sehat dan cepat tanpa berolahraga, maka sangat penting sekali untuk merencanakan menu diet sehat 30 hari.

Supaya tidak membuat anda sakit, maka buat menu dengan gizi yang seimbang.

7. Perbanyak Kosumsi Serat Makanan


Makanan yang kaya akan kandungan serat merupakan syarat utama dalam menjalankan cara diet yang sehat dan cepat.

Maka dari itu, pilih dan perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Makanan yang kaya serat ini terdapat pada buah pisang, sayur bayam, kacang-kacangan, buah-buahan, dan produk olahan susu.

8. Jangan Lupa Sarapan Pagi


Banyak orang yang menjalankan program diet cepat dengan meninggalkan sarapan pagi. Padahal, justru dengan mengonsumsi makanan diet yang tepat untuk sarapan bisa mendukung diat anda tanpa lemas.

9. Hindari Makanan Gorengan dan Garam


Salah satu jenis makanan yang harus anda hindari ketika melakukan program diet adalah gorengan. Karena kandungan minyak berlebih dalam gorengan justru bisa menghancurkan program diet anda.

10. Mengontrol Porsi Makanan


Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat melakukan program diet sehat adalah mengontrol porsi makanan. Memang cara ini tidaklah mudah, namun dengan tekad yang kuat anda bisa merubah kebiasaan tersebut secara perlahan.

Nah, itulah 10 tips dan cara diet sehat yang tentu saja harus kalian coba sendiri dirumah.

Baca juga: Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Ciri-Ciri Sperma yang Subur

Diversitybeautiful.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa kalau masalah kesuburan itu hanya untuk wanita saja. Padahal sebenarnya kesuburan dari suami maupun istri perlu sama-sama diperhatikan karena bisa meningkatkan peluang untuk terjadinya kehamilan. Tentunya menghitung masa subur pria ini berberda dengan masa subur wanita. Dimana cara menghitung masa subur pria ini dapat ditentukan dari kuantitas, kualitas, struktur hingga pergerakan sperma. Selain itu ada beberapa faktor lainnya seperti hormon yang juga bisa mempengaruhi kesuburan. Jadi, jika semua ini dipenuhi, maka seorang pria bisa dikatakan subur dan spermanya mampu berfungsi dalam membuahi sel telur wanita. Seperti yang sudah diketahui, bahwa sperma ini merupakan sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Sperma ini bisa disebut juga spermatozoa atau air mani. Sperma ini mulai diproduksi pada saat menginjak usia pubertas sampai akhir hayat. Dan sperma ini merupakan hal yang sangat penting bagi kau

Manfaat Air Kelapa Hijau Sebagai Bahan Makanan

Diversitybeautiful.com - Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Banyak yang mengkonsumsi kelapa hijau karena banyaknya kebaikan yang diberikan untuk tubuh. Selain untuk kesehatan, kelapa hijau juga terkenal untuk kecantikan. Namun tahukah Anda jika air kelapa hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan? Apa saja yang bisa dilakukan oleh air kelapa hijau dalam bahan makanan? Yuk simak beberapa manfaatnya berikut ini. 1. Penghilang Bau Amis Saat memasak daging atau ikan pasti Anda sangat akrab dengan bau amis. Hal ini sudah tentu sangat mengganggu bukan? Nah, Anda bisa merendam daging yang berbau tak sedap ini dengan air kelapa hijau. Rendam selama beberapa menit atau sebentar saja sesuai dengan ukuran daging, maka bau amis pun akan hilang. Bau yang tidak enak akan berubah menjadi bau yang segar sehingga masakan lebih sedap. 2. Melunakkan Daging Anda suka memasak daging? Anda bisa menggunakan air kelapa hijau untuk memasak daging