Skip to main content

Mengenal Rendang, Masakan Lokal yang Meroket Hingga Mancanegara

mengenal-rendang-masakan-lokal-yang-meroket-hingga-mancanegara

DiversityBeautiful.com - Sudah pernah makan rendang padang? Rasanya hampir kebanyakan masyarakat Indonesia sudah pernah mencicipi makanan nikmat yang satu ini. Rendang padang adalah salah satu kuliner asli Minang yang sudah mahsyur hingga ke mancanegara. Hal ini telah disurvei oleh CNN yang menyebutkan bahwa rendang menjadi salah satu makanan paling enak di dunia. Di Indonesia sendiri, rendang bisa dengan mudah Anda temukan di setiap kota. Biasanya rendang dijual di rumah makan padang. Dengan citarasa yang menggoda, pasti membuat siapa saja ingin mencicipinya bersama sepiring nasi hangat. Lamak bana!

Rendang adalah masakan dari olahan daging yang diberi berbagai macam bumbu mulai dari merica, kapulaga, jintan, ketumbar dan lain-lain. Apalagi ditambah dengan santan yang menambah citarasa gurihnya. Siapapun tentu ingin mencicipi legitnya rendang padang di atas meja makan. Lalu bagaimana awal mula rendang padang ini tercipta?

Sejarah mengenai masakan rendang padang di Minang

Rendang merupakan makanan ikon dari masyarakat Minangkabau sebab makanan ini memang pertama kali diciptakan oleh masyarakat Minang. Rendang diyakini sudah ada sejak tahun 1550-an. Pada zaman dahulu, masyarakat Minang punya tradisi merantau menuju Singapura dan Selat malaka. Di sepanjang perjalanan yang memakan waktu hampir 1 bulan itu, tidak ada pemukiman penduduk, maka untuk mengisi bekalnya masyarakat Minang membawa makanan rendang sebab tahan lama. Seiring berjalannya tradisi merantau ini, kuliner rendang juga mulai menyebar di pelosok Indonesia dan juga mancanegara. 

Kuliner lezat yang satu ini rupanya tidak hanya lahir dari kelihaian masak masyarakat Minang saja, tetapi juga terdapat campur tangan secara tidak langsung dari pedagang luar negeri, salah satunya pedagang Gujarat India, yang menjual bumbu untuk pembuatan rendang. Jaman dahulu rendang Cuma disajikan pada acara adat khusus di Minangkabau saja. Sekarang, rendang telah banyak dihidangkan pada berbagai acara baik pernikahan, khitanan, ulang tahun dan pada hari besar Islam seperti Idul Adha dan Idul Fitri. 

Resep rendang padang yang wajib Anda coba

Setelah mengetahui sejarah mengenai masakan padang, Anda bisa mencoba membuat rendang padang sendiri di rumah. Resep rendang padang di bawah ini, wajib untuk Anda coba. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram daging

  • 3 lb daun jeruk

  • 1 batang sereh digeprek

  • 2 lb daun salam

  • 1 batang lengkuas digeprek

  • Kayu manis

  • 1 sdt gula

  • ½  sdt jintan bubuk

  • 1 sdt garam dan kaldu

  • ½ sdt merica

  • 1 buah jeruk nipis

  • ½ bagian kelapa menjadi 500 ml santan

Siapkan bumbu halus:

  • 6 bawang merah

  • 4 bawang putih

  • 2 kemiri

  • ½ sdt ketumbar

  • 3 cabe merah yang sudah dibuang bijinya

  • 2 ruas kunyit

  • 3 ruas jahe

Cara pembuatan:

  1. Pertama cuci bersih semua bahan, termasuk daging. Lalu potong daging sesuai selera dan berikan perasan jeruk nipis. Kemudian cuci daging kembali.

  2. Selanjutnya haluskan bumbu dan tumis hingga harum bersama serai, daun salam, saun jeruk, lengkuas dan kayu manis. 

  3. Kemudian masukkan daging ke dalam bumbu, aduk secara merata, dan masukkan santan. Masaklah dengan menggunakan api kecil sambil sesekali Anda aduk. 

  4. Masukkan kaldu, garam, jintan, gula, merica. Lalu diamkan hingga bumbu-bumbu meresap dan airnya menyusut. 

  5. Setelah air menyusut, rendang padang sudah siap untuk dihidangkan. 

Itulah sejarah dari awal mula kemunculan masakan rendang di adat Minangkabau beserta dengan cara memasak rendang padang yang asli, nikmat, dan otentik. Jika Anda adalah pecinta rendang, Anda wajib mengetahui informasi ini dan mencoba membuatnya sendiri suatu saat.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Manfaat Air Kelapa Hijau Sebagai Bahan Makanan

Diversitybeautiful.com - Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Banyak yang mengkonsumsi kelapa hijau karena banyaknya kebaikan yang diberikan untuk tubuh. Selain untuk kesehatan, kelapa hijau juga terkenal untuk kecantikan. Namun tahukah Anda jika air kelapa hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan? Apa saja yang bisa dilakukan oleh air kelapa hijau dalam bahan makanan? Yuk simak beberapa manfaatnya berikut ini. 1. Penghilang Bau Amis Saat memasak daging atau ikan pasti Anda sangat akrab dengan bau amis. Hal ini sudah tentu sangat mengganggu bukan? Nah, Anda bisa merendam daging yang berbau tak sedap ini dengan air kelapa hijau. Rendam selama beberapa menit atau sebentar saja sesuai dengan ukuran daging, maka bau amis pun akan hilang. Bau yang tidak enak akan berubah menjadi bau yang segar sehingga masakan lebih sedap. 2. Melunakkan Daging Anda suka memasak daging? Anda bisa menggunakan air kelapa hijau untuk memasak daging

Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Ciri-Ciri Sperma yang Subur

Diversitybeautiful.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa kalau masalah kesuburan itu hanya untuk wanita saja. Padahal sebenarnya kesuburan dari suami maupun istri perlu sama-sama diperhatikan karena bisa meningkatkan peluang untuk terjadinya kehamilan. Tentunya menghitung masa subur pria ini berberda dengan masa subur wanita. Dimana cara menghitung masa subur pria ini dapat ditentukan dari kuantitas, kualitas, struktur hingga pergerakan sperma. Selain itu ada beberapa faktor lainnya seperti hormon yang juga bisa mempengaruhi kesuburan. Jadi, jika semua ini dipenuhi, maka seorang pria bisa dikatakan subur dan spermanya mampu berfungsi dalam membuahi sel telur wanita. Seperti yang sudah diketahui, bahwa sperma ini merupakan sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Sperma ini bisa disebut juga spermatozoa atau air mani. Sperma ini mulai diproduksi pada saat menginjak usia pubertas sampai akhir hayat. Dan sperma ini merupakan hal yang sangat penting bagi kau