Skip to main content

Wajib Baca! Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin!

manfaat-buah-naga-untuk-ibu-hamil

diversitybeautiful.com - Buah naga tidak hanya bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari saja, buah naga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Buah naga merah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Seperti yang kita tahu, buah naga terdapat dua jenis yaitu buah naga merah dan putih. Perbedaannya terletak pada inti daging didalamnya, meskipun berbeda warna namun keduanya memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, karbohidarat, serat dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuh

Namun buah naga merah memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan buah naga putih sehingga buah naga merah sangat baik untuk ibu hamil. Nah berikut manfaat buah naga merah untuk ibu hamil :

1. Memenuhi Kebutuhan vitamin C

Manfaat pertama yaitu mampu memenuhi kebutuhan vitamin C ibu hamil. Ibu hamil sangat memerlukan vitamin C yang banyak karena selain untuk kesehatan janin, baik juga untuk menjaga daya tahan tubuh si ibu agar tidak mudah sakit dan lemas.

Pentingnya vitamin C untuk janin yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi kesehetan sel dan membentuk kolagen didalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah pada bayi. meskipun vitamin C sangat baik untuk ibu hamil namun dosisnya jangan berlebih karena jika ibu hamil banyak mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi maka dapat meningkatkan kelahiran prematur.

2. Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat

Manfaat kedua yaitu memenuhi kebutuhan karbohidrat ibu hamil dan janin. Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat sebesar 9 porsi perharinya. Seperti yang kita tahu, karbohidrat merupakan sumber energy untuk tubuh sehingga sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Maka dari itu, ibu hamil sangat baik mengkonsumsi buah naga merah karena bisa dijadikan sumber karbohidrat alami selain dari nasi, roti, gandum dan sayuran. Buah naga mengandung 62 kalori per takaran saji.

3. Mencukupi Kebutuhan Folat

Manfaat selanjutnya untuk ibu hamil yaitu mencukupi kebutuhan folat sang bayi. folat merupakan senyawa yang baik karena memiliki manfaat untuk membentuk sel darah merah bagi ibu hamil dan juga menghindari bayi cacat ketika lahir. Maka dari itu buah naga memiliki kandungan folat yang bisa ibu hamil konsumsi karena folat sangat penting bayi keduanya.

4. Tinggi Antioksidan

Manfaat selanjutnya yaitu tinggi antioksidan. Buah naga merah mengandung antioksidan yang tinggi dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Antioksidan sangat penting karena menjaga tubuh ibu hamil dan janin dari radikal bebas, serta mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah sel kanker serta baik untuk perkembangan otak si bayi di dalam kandungan.

Antioksidan yang terdapat pada buah naga merah berupa betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain itu juga, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah lain yang tinggi antioksidan seperti apel, pir, anggur jika merasa bosan mengkonsumsi buah naga.

5. Mencukupi Kebutuhan Serat

Manfaat selanjutnya yaitu mampu mencukupi kebutuhan serat sehari-hari ibu hamil. Ketika masa kehamilan, serat dibutuhkan oleh ibu hamil karena mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi buah naga merah yang bisa dijadikan sumber serat alami. Buah naga mengandung 3 gram serat per 100 gramnya. Anda juga bisa memenuhi tambahan serat lain dari roti atau gandum utuh.

Cara Mengkonsumsi buah naga

Untuk mengkonsumsi buah naga ini, anda bisa mengolahnya sebagai sarapan ataupun cemilan dikala lapar. Dan juga bisa olah menjadi jus segar dan salad buah. Akan tetapi dalam mengkonsumsi buah naga jangan berlebih karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang anda tidak inginkan.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Manfaat Air Kelapa Hijau Sebagai Bahan Makanan

Diversitybeautiful.com - Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Banyak yang mengkonsumsi kelapa hijau karena banyaknya kebaikan yang diberikan untuk tubuh. Selain untuk kesehatan, kelapa hijau juga terkenal untuk kecantikan. Namun tahukah Anda jika air kelapa hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan? Apa saja yang bisa dilakukan oleh air kelapa hijau dalam bahan makanan? Yuk simak beberapa manfaatnya berikut ini. 1. Penghilang Bau Amis Saat memasak daging atau ikan pasti Anda sangat akrab dengan bau amis. Hal ini sudah tentu sangat mengganggu bukan? Nah, Anda bisa merendam daging yang berbau tak sedap ini dengan air kelapa hijau. Rendam selama beberapa menit atau sebentar saja sesuai dengan ukuran daging, maka bau amis pun akan hilang. Bau yang tidak enak akan berubah menjadi bau yang segar sehingga masakan lebih sedap. 2. Melunakkan Daging Anda suka memasak daging? Anda bisa menggunakan air kelapa hijau untuk memasak daging

Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Ciri-Ciri Sperma yang Subur

Diversitybeautiful.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa kalau masalah kesuburan itu hanya untuk wanita saja. Padahal sebenarnya kesuburan dari suami maupun istri perlu sama-sama diperhatikan karena bisa meningkatkan peluang untuk terjadinya kehamilan. Tentunya menghitung masa subur pria ini berberda dengan masa subur wanita. Dimana cara menghitung masa subur pria ini dapat ditentukan dari kuantitas, kualitas, struktur hingga pergerakan sperma. Selain itu ada beberapa faktor lainnya seperti hormon yang juga bisa mempengaruhi kesuburan. Jadi, jika semua ini dipenuhi, maka seorang pria bisa dikatakan subur dan spermanya mampu berfungsi dalam membuahi sel telur wanita. Seperti yang sudah diketahui, bahwa sperma ini merupakan sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Sperma ini bisa disebut juga spermatozoa atau air mani. Sperma ini mulai diproduksi pada saat menginjak usia pubertas sampai akhir hayat. Dan sperma ini merupakan hal yang sangat penting bagi kau