Skip to main content

Wajib Baca! Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin!

manfaat-buah-naga-untuk-ibu-hamil

diversitybeautiful.com - Buah naga tidak hanya bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari saja, buah naga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Buah naga merah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Seperti yang kita tahu, buah naga terdapat dua jenis yaitu buah naga merah dan putih. Perbedaannya terletak pada inti daging didalamnya, meskipun berbeda warna namun keduanya memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, karbohidarat, serat dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuh

Namun buah naga merah memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan buah naga putih sehingga buah naga merah sangat baik untuk ibu hamil. Nah berikut manfaat buah naga merah untuk ibu hamil :

1. Memenuhi Kebutuhan vitamin C

Manfaat pertama yaitu mampu memenuhi kebutuhan vitamin C ibu hamil. Ibu hamil sangat memerlukan vitamin C yang banyak karena selain untuk kesehatan janin, baik juga untuk menjaga daya tahan tubuh si ibu agar tidak mudah sakit dan lemas.

Pentingnya vitamin C untuk janin yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi kesehetan sel dan membentuk kolagen didalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah pada bayi. meskipun vitamin C sangat baik untuk ibu hamil namun dosisnya jangan berlebih karena jika ibu hamil banyak mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi maka dapat meningkatkan kelahiran prematur.

2. Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat

Manfaat kedua yaitu memenuhi kebutuhan karbohidrat ibu hamil dan janin. Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat sebesar 9 porsi perharinya. Seperti yang kita tahu, karbohidrat merupakan sumber energy untuk tubuh sehingga sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Maka dari itu, ibu hamil sangat baik mengkonsumsi buah naga merah karena bisa dijadikan sumber karbohidrat alami selain dari nasi, roti, gandum dan sayuran. Buah naga mengandung 62 kalori per takaran saji.

3. Mencukupi Kebutuhan Folat

Manfaat selanjutnya untuk ibu hamil yaitu mencukupi kebutuhan folat sang bayi. folat merupakan senyawa yang baik karena memiliki manfaat untuk membentuk sel darah merah bagi ibu hamil dan juga menghindari bayi cacat ketika lahir. Maka dari itu buah naga memiliki kandungan folat yang bisa ibu hamil konsumsi karena folat sangat penting bayi keduanya.

4. Tinggi Antioksidan

Manfaat selanjutnya yaitu tinggi antioksidan. Buah naga merah mengandung antioksidan yang tinggi dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Antioksidan sangat penting karena menjaga tubuh ibu hamil dan janin dari radikal bebas, serta mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah sel kanker serta baik untuk perkembangan otak si bayi di dalam kandungan.

Antioksidan yang terdapat pada buah naga merah berupa betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain itu juga, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah lain yang tinggi antioksidan seperti apel, pir, anggur jika merasa bosan mengkonsumsi buah naga.

5. Mencukupi Kebutuhan Serat

Manfaat selanjutnya yaitu mampu mencukupi kebutuhan serat sehari-hari ibu hamil. Ketika masa kehamilan, serat dibutuhkan oleh ibu hamil karena mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi buah naga merah yang bisa dijadikan sumber serat alami. Buah naga mengandung 3 gram serat per 100 gramnya. Anda juga bisa memenuhi tambahan serat lain dari roti atau gandum utuh.

Cara Mengkonsumsi buah naga

Untuk mengkonsumsi buah naga ini, anda bisa mengolahnya sebagai sarapan ataupun cemilan dikala lapar. Dan juga bisa olah menjadi jus segar dan salad buah. Akan tetapi dalam mengkonsumsi buah naga jangan berlebih karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang anda tidak inginkan.

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog

Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya

Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol.  CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL BAHAN-BAHAN 300 gram jengkol  5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap  ½ sendok teh merica  5 sdm kecap manis ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar  100 ml air  2 lembar daun salam  1 sdm gula merah yang sudah diserut  Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah  ½ butir pala  ½ sendok teh jinten  8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera  1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera  2 buah kemiri  2-3 siung bawang putih Baca Juga : RESEP MEMBUAT SAPO TAHU SEDERHANA KAYA ISIAN CAR