Skip to main content

8 rekomendasi Cemilan Sunda Yang Bisa Coba Anda Nikmati


8 rekomendasi Cemilan Sunda Yang Bisa Coba Anda Nikmati

diversitybeautiful.com -Selain terkenal sebagai surganya destinasi wisata, Jawa Barat juga terkenal dengan kulinernya yang beranekaragam yang memiliki citarasa yang khas dan enak. Sehingga tidak aneh, kalau banyak para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat, selain menikmati keindahan alamnya juga menikmati kulinernya. Lalu apa saja kulinernya? Berikut beberapa kuliner Sunda yang bisa anda coba nikmati :

1. Galendo

Kuliner Sunda yang pertama adalah Galendo. Cemilan dari Ciamis ini terbuat dari bahan kelapa yang diolah hingga menjadi serbuk yang kemudian dipress. Selain rasa original, sekarang ini Galendo sudah tersedia dengan beberapa rasa yang disesuaikan dengan lidah anak muda masa kini. 

2. Ubi Bakar Cilembu

Kuliner khas Sunda dari Bogor ini bisa anda temukan di kawasan Puncak. Dimana, banyak para pedagang yang menjajakan ubi bakar Cilembu ini di sepanjang jalan menuju kawasan Puncak, Bogor. Dengan rasanya yang manis seperti madu dijamin akan membuat anda ketagihan.

3. Peuyeum

Kuliner Sunda lainnya adalah Peuyeum. Pueyeum ini sering diidentikan dengan Tapai Singkong karena sama-sama hasil dari fermentasi singkong. Karena memang, perbedaan antara Pueyeum dan Tapai Singkong tidak terlalu jauh. Hanya saja, Peuyeum ini bersifat lebih tahan lama karena kurang berair. 
Kuliner khas Sunda yang satu ini tebuat dari bahan singkong yang sudah dipotong dan direndam sampai setengah matang.

4. Kadedemes

Secara etimologis Kadedemes ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya ‘merasa sayang ke barang yang sudah tidak ada manfaatnya lagi’. Makanan ini terbuat dari kulit singkong yang sudah tidak digunakan lagi. Kulit singkong ini ditumis dengan tomat, cabe merah, bawang putih, kemiri, dan cabe hijau. Kadedemes ini bisa anda nikmati dengan nasi maupun tanpa nasi. 

5. Talas Khas Bogor

Salah satu makanan khas Bogor yang paling populer adalah Talas Bogor. Bahkan Talas Bogor ini merupakan kuliner yang melegenda di Bogor. Adapun cara pengolahannya adalah dengan dikukus seperti brownies dan terdiri dari dua warna, yakni warna kuning di bawah dan ungu di lapisan atas. Lalu di bagian atas biasanya diberi taburan keju atau parutan kelapa. Talas Bogor ini akan terasa lebih nikmat jika disantap sambil ditemani oleh minuman hangat seperti teh maupun kopi. 

6. Dodol Garut

Selain domba, Garut juga terkenal dengan Dodol Garutnya. Yang membedakan Dodol Garut dengan dodol lainnya adalah dari segi tekstur dan kelegitannya. Dodol Garut ini tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari dodol nanas, dodol kacang, dodol wijen, dan lain sebagainya. Selain itu, Dodol Garut ini tahan lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat anda berkunjung ke Garut. 

7. Doclang 

Doclang ini hampir mirip dengan ketoprak yang ada di Jakarta. Bedanya, kalau doclang, bihun dan taugenya diganti dengan kentang dan telur rebus, melengkapi katupat / lontong, tahu dan tempe disiram dengan bumbu kacang. Selain itu, kerupuk dan bawang goreng juga bisa menjadi penambah cita rasa yang tidak boleh dilewatkan. 

8. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuring ini merupakan cara terbaru dalam menikmati sajian talas khas Bogor, karena memang bolu ini terbuat dari talas. Selain itu, bolu ini tersedia dalam berbagai macam topping, seperti topping keju, rainbow chips dan choco chips. Selain enak bolu ini juga tahan lama hingga 4 hari kalau disimpan di lemari es sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. 

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog