Skip to main content

8 rekomendasi Cemilan Sunda Yang Bisa Coba Anda Nikmati


8 rekomendasi Cemilan Sunda Yang Bisa Coba Anda Nikmati

diversitybeautiful.com -Selain terkenal sebagai surganya destinasi wisata, Jawa Barat juga terkenal dengan kulinernya yang beranekaragam yang memiliki citarasa yang khas dan enak. Sehingga tidak aneh, kalau banyak para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat, selain menikmati keindahan alamnya juga menikmati kulinernya. Lalu apa saja kulinernya? Berikut beberapa kuliner Sunda yang bisa anda coba nikmati :

1. Galendo

Kuliner Sunda yang pertama adalah Galendo. Cemilan dari Ciamis ini terbuat dari bahan kelapa yang diolah hingga menjadi serbuk yang kemudian dipress. Selain rasa original, sekarang ini Galendo sudah tersedia dengan beberapa rasa yang disesuaikan dengan lidah anak muda masa kini. 

2. Ubi Bakar Cilembu

Kuliner khas Sunda dari Bogor ini bisa anda temukan di kawasan Puncak. Dimana, banyak para pedagang yang menjajakan ubi bakar Cilembu ini di sepanjang jalan menuju kawasan Puncak, Bogor. Dengan rasanya yang manis seperti madu dijamin akan membuat anda ketagihan.

3. Peuyeum

Kuliner Sunda lainnya adalah Peuyeum. Pueyeum ini sering diidentikan dengan Tapai Singkong karena sama-sama hasil dari fermentasi singkong. Karena memang, perbedaan antara Pueyeum dan Tapai Singkong tidak terlalu jauh. Hanya saja, Peuyeum ini bersifat lebih tahan lama karena kurang berair. 
Kuliner khas Sunda yang satu ini tebuat dari bahan singkong yang sudah dipotong dan direndam sampai setengah matang.

4. Kadedemes

Secara etimologis Kadedemes ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya ‘merasa sayang ke barang yang sudah tidak ada manfaatnya lagi’. Makanan ini terbuat dari kulit singkong yang sudah tidak digunakan lagi. Kulit singkong ini ditumis dengan tomat, cabe merah, bawang putih, kemiri, dan cabe hijau. Kadedemes ini bisa anda nikmati dengan nasi maupun tanpa nasi. 

5. Talas Khas Bogor

Salah satu makanan khas Bogor yang paling populer adalah Talas Bogor. Bahkan Talas Bogor ini merupakan kuliner yang melegenda di Bogor. Adapun cara pengolahannya adalah dengan dikukus seperti brownies dan terdiri dari dua warna, yakni warna kuning di bawah dan ungu di lapisan atas. Lalu di bagian atas biasanya diberi taburan keju atau parutan kelapa. Talas Bogor ini akan terasa lebih nikmat jika disantap sambil ditemani oleh minuman hangat seperti teh maupun kopi. 

6. Dodol Garut

Selain domba, Garut juga terkenal dengan Dodol Garutnya. Yang membedakan Dodol Garut dengan dodol lainnya adalah dari segi tekstur dan kelegitannya. Dodol Garut ini tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari dodol nanas, dodol kacang, dodol wijen, dan lain sebagainya. Selain itu, Dodol Garut ini tahan lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat anda berkunjung ke Garut. 

7. Doclang 

Doclang ini hampir mirip dengan ketoprak yang ada di Jakarta. Bedanya, kalau doclang, bihun dan taugenya diganti dengan kentang dan telur rebus, melengkapi katupat / lontong, tahu dan tempe disiram dengan bumbu kacang. Selain itu, kerupuk dan bawang goreng juga bisa menjadi penambah cita rasa yang tidak boleh dilewatkan. 

8. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuring ini merupakan cara terbaru dalam menikmati sajian talas khas Bogor, karena memang bolu ini terbuat dari talas. Selain itu, bolu ini tersedia dalam berbagai macam topping, seperti topping keju, rainbow chips dan choco chips. Selain enak bolu ini juga tahan lama hingga 4 hari kalau disimpan di lemari es sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. 

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

4 Perlengkapan dari Kain Untuk Bayi Baru Lahir

diversitybeautiful.com - Kelahiran seorang bayi adalah hal yang membahagiakan untuk orang tuanya. Karena itulah, banyak orang tua yang mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum mereka lahir ke dunia ini. Seringkali orang tua lupa memprioritaskan apa saja barang-barang yang perlu dibeli terlebih dahulu. Untuk membantu Anda menyusun skala prioritas pembelian, berikut ini adalah 4 perlengkapan bayi baru lahir dari kain yang wajib Anda miliki: Baju Bayi  Perlengkapan yang pertama adalah baju bayi. Tentu hal ini harus sudah dibeli sebelum bayi lahir. Jika Anda mengetahui jenis kelaminnya, Anda bisa menyesuaikan warna sesuai gender. Tetapi bila tidak mengetahui, Anda bisa membeli warna-warna netral seperti putih, kuning dan hijau. Ada beberapa jenis baju bayi yang perlu Anda beli. Mulai dari kaos tangan pendek, kaos tangan panjang, singlet, celana pendek dan celana panjang.  Anda bisa memperkirakan pembelian baju bayi ini sesuai dengan kebutuhan saja. Biasanya, orang akan membeli minimal 12 pc

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku