Skip to main content

Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya


Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya
Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol. 

CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL

BAHAN-BAHAN

  • 300 gram jengkol 

  • 5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap 

  • ½ sendok teh merica 

  • 5 sdm kecap manis

  • ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar 

  • 100 ml air 

  • 2 lembar daun salam 

  • 1 sdm gula merah yang sudah diserut 

Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah 

  • ½ butir pala 

  • ½ sendok teh jinten 

  • 8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera 

  • 1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera 

  • 2 buah kemiri 

  • 2-3 siung bawang putih


CARA MEMBUAT

  1. Siapkan semua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. 

  2. Jika Anda membeli jengkol yang belum direbus, maka rebuslah terlebih dahulu. Jika sudah, bersihkan jengkol menggunakan air yang mengalir. Anda bisa membilasnya 1 atau 2 kali, sesuai dengan keinginan. Apabila sudah bersih, geprek jengkol sesuai keinginan. 

  3. Selanjutnya, tumis bawang merah yang sebelumnya sudah diiris tipis. Tumis hingga bawang setengah kering. 

  4. Setelah itu, masukkan semua bumbu halus. Sebelum dimasukkan, Anda harus mengulek semua bahan sampai tercampur rata. Bila ingin lebih ringan, Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. 

  5. Jika bumbu halus sudah dimasukkan, masukkan 2 lembar daun salam. Fungsi dari daun salam ini adalah untuk membuat wangi masakan. Setelah itu, tumis sampai tercium bau wangi dari bumbu. 

  6. Tambahkan air yang sudah disiapkan. Setelah air dimasukkan, aduk sebentar dan tambahkan garam, kaldu jamur dan juga kecap manis. Aduh sampai semua bumbu tercampur rata. Setelah itu, masukkan jengkol. Jika setelah dicoba rasanya sudah pas, Anda bisa memasukkan irisan buah tomat. 

  7. Tunggu sampai air menjadi menyusut. Hidangan siap untuk disajikan. 

Itu dia resep untuk membuat semur jengkol. Bila Anda ingin memasaknya, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara menghilangkan bau dari jengkol. Tentunya, ini juga bisa membuat olahan jengkol menjadi lebih empuk dan enak. 

Cara pertama adalah dengan mengupas kulit jengkol yang berwarna coklat. Buanglah selaput yang ada pada bagian-bagian jengkol dan bersihkan secara menyeluruh. Tujuan dari metode ini adalah menghilangkan rasa pahit pada makanan tersebut. Setelah dikupas, Anda bisa merendam bahan makanan ini di air es. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bau aneh dan tidak enak pada sayuran ini. Anda bisa merendamnya semalaman. Selain air es, Anda juga bisa merendam makanan ini di dalam air putih atau susu.

Anda juga bisa mencoba cara lain yakni merebus jengkol selama kurang lebih satu jam sebelum diolah menjadi semur atau sambal balado. Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dan bau khas pada makanan tersebut. Perebusan jengkol juga bertujuan agar teksturnya lebih lembut.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengolah jengkol menjadi makanan yang sangat lezat? Tentu Anda bisa melakukannya dengan mudah karena ada resep diatas. Selamat mencoba. 

Baca Juga : 3 Resep Sederhana Nasi Goreng Enak Yang Bikin Ketagihan

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

4 Perlengkapan dari Kain Untuk Bayi Baru Lahir

diversitybeautiful.com - Kelahiran seorang bayi adalah hal yang membahagiakan untuk orang tuanya. Karena itulah, banyak orang tua yang mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum mereka lahir ke dunia ini. Seringkali orang tua lupa memprioritaskan apa saja barang-barang yang perlu dibeli terlebih dahulu. Untuk membantu Anda menyusun skala prioritas pembelian, berikut ini adalah 4 perlengkapan bayi baru lahir dari kain yang wajib Anda miliki: Baju Bayi  Perlengkapan yang pertama adalah baju bayi. Tentu hal ini harus sudah dibeli sebelum bayi lahir. Jika Anda mengetahui jenis kelaminnya, Anda bisa menyesuaikan warna sesuai gender. Tetapi bila tidak mengetahui, Anda bisa membeli warna-warna netral seperti putih, kuning dan hijau. Ada beberapa jenis baju bayi yang perlu Anda beli. Mulai dari kaos tangan pendek, kaos tangan panjang, singlet, celana pendek dan celana panjang.  Anda bisa memperkirakan pembelian baju bayi ini sesuai dengan kebutuhan saja. Biasanya, orang akan membeli minimal 12 pc

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku