Skip to main content

Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya


Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya
Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol. 

CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL

BAHAN-BAHAN

  • 300 gram jengkol 

  • 5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap 

  • ½ sendok teh merica 

  • 5 sdm kecap manis

  • ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar 

  • 100 ml air 

  • 2 lembar daun salam 

  • 1 sdm gula merah yang sudah diserut 

Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah 

  • ½ butir pala 

  • ½ sendok teh jinten 

  • 8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera 

  • 1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera 

  • 2 buah kemiri 

  • 2-3 siung bawang putih


CARA MEMBUAT

  1. Siapkan semua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. 

  2. Jika Anda membeli jengkol yang belum direbus, maka rebuslah terlebih dahulu. Jika sudah, bersihkan jengkol menggunakan air yang mengalir. Anda bisa membilasnya 1 atau 2 kali, sesuai dengan keinginan. Apabila sudah bersih, geprek jengkol sesuai keinginan. 

  3. Selanjutnya, tumis bawang merah yang sebelumnya sudah diiris tipis. Tumis hingga bawang setengah kering. 

  4. Setelah itu, masukkan semua bumbu halus. Sebelum dimasukkan, Anda harus mengulek semua bahan sampai tercampur rata. Bila ingin lebih ringan, Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. 

  5. Jika bumbu halus sudah dimasukkan, masukkan 2 lembar daun salam. Fungsi dari daun salam ini adalah untuk membuat wangi masakan. Setelah itu, tumis sampai tercium bau wangi dari bumbu. 

  6. Tambahkan air yang sudah disiapkan. Setelah air dimasukkan, aduk sebentar dan tambahkan garam, kaldu jamur dan juga kecap manis. Aduh sampai semua bumbu tercampur rata. Setelah itu, masukkan jengkol. Jika setelah dicoba rasanya sudah pas, Anda bisa memasukkan irisan buah tomat. 

  7. Tunggu sampai air menjadi menyusut. Hidangan siap untuk disajikan. 

Itu dia resep untuk membuat semur jengkol. Bila Anda ingin memasaknya, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara menghilangkan bau dari jengkol. Tentunya, ini juga bisa membuat olahan jengkol menjadi lebih empuk dan enak. 

Cara pertama adalah dengan mengupas kulit jengkol yang berwarna coklat. Buanglah selaput yang ada pada bagian-bagian jengkol dan bersihkan secara menyeluruh. Tujuan dari metode ini adalah menghilangkan rasa pahit pada makanan tersebut. Setelah dikupas, Anda bisa merendam bahan makanan ini di air es. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bau aneh dan tidak enak pada sayuran ini. Anda bisa merendamnya semalaman. Selain air es, Anda juga bisa merendam makanan ini di dalam air putih atau susu.

Anda juga bisa mencoba cara lain yakni merebus jengkol selama kurang lebih satu jam sebelum diolah menjadi semur atau sambal balado. Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dan bau khas pada makanan tersebut. Perebusan jengkol juga bertujuan agar teksturnya lebih lembut.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengolah jengkol menjadi makanan yang sangat lezat? Tentu Anda bisa melakukannya dengan mudah karena ada resep diatas. Selamat mencoba. 

Baca Juga : 3 Resep Sederhana Nasi Goreng Enak Yang Bikin Ketagihan

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog