Skip to main content

4 Teknologi Dari AI Diklaim Bisa Memprediksi Kapan Meninggalnya Pasien Covid-19

https://www.idntimes.com/hype


Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) diklaim bisa dimanfaatkan untuk memprediksi waktu kapan meninggal dunia pasien Covid-19. Sekelompok ilmuwan dari Fakultas Sain Universitas Kopenhagen, Denmark telah menemukan penelitian yang hasilnya diterbitkan di majalah Sains Nature. Hasilnya adalah keakuratan AI dalam memperkirakan kematian bisa mencapai hingga 90 persen. 

Sejak pandemic Covid-19 terjadi pada awal 2020, para ilmuwan memang telah bekerja mengembangkan model komputer yang bisa memprediksi berdasarkan riwayat penyakit juga data kesehatan, sehingga dapat diketahui seberapa parah seseorang terdampak oleh virus corona jenis baru. 

Setelah AI memprediksi pasien Covid-19 dengan tingkat akurasi hingga 90 persen, maka tim medis tersebut bisa menentukan apakah pasien itu memerlukan bantuan pernapasan atau tidak? Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini fakta fakta tentang teknologi AI yang diklaim mampu memprediksi waktu meninggalnya pasien Covid-19 :

  1. Teknologi AI Dikerjakan Untuk Membantu Rumah Sakit

Profesor Mads Nielsen dari Departemen Ilmu Komputer Universitas Kopenhagen berujar, pihaknya mulai mengerjakan model untuk membantu rumah sakit, karena selama gelombang pertama, mereka (rumah sakit) khawatir tidak memiliki cukup respirator untuk pasien perawatan intensif. 

Akhir akhir ini, pengoperasian komputasi berbasis AI meningkat melalui penggunaan data dan dikembangkan selama penelitian. Hal itu bisa memprediksi risiko pada berbagai tahapan penyakit. 

  1. Kecerdasan Buatan Bisa Memprediksi Risiko Kematian Pada Beberapa Tahapan Berbeda

Para peneliti mengamati 3.944 kasus positif di Denmark serta menggunakan kasus positif yang diambil oleh UK Biobank untuk melakukan “Validasi Eksternal” juga memperhitungkan faktor risiko umur misalnya usia, indeks massa tubuh (IMT), dan hipertensi untuk merumuskan algoritma pada AI. Kecerdasan buatan diklaim bisa memprediksi risiko kematian pada beberapa tahapan berbeda. Ketika dilakukan diagnosis, ketika masuk rumah sakit, dan ketika masuk ruang ICU. 

  1. Dari 3.944 Pasien Yang Dilacak, 324 Meninggal Karena Covid-19

Dari 3.944 pasien yang dilacak pada penelitian itu, ditemukan 324 pasien meninggal karena Covid-19. Pria yang meninggal berada pada rentang usia antara 73 dan 87 tahun dengan tanda tanda tekanan darah tinggi juga IMT yang mempengaruhinya. 

Mads Nielsen menjelaskan, pihaknya menunjukkan hasil bahwa usia dan IMT menjadi parameter paling menentukan seberapa parahnya seseorang akan terpengaruh virus corona. Namun, kemungkinan meninggal atau berakhir dengan bantuan alat pernapasan yang meningkat jika Anda laki laki, memiliki risiko tinggi, juga tekanan darah atau penyakit saraf. 

Hasilnya, kelompok pria itu terbukti menjadi orang dengan risiko kematian tertinggi, sehingga teknologi AI akan memprediksi para pria dalam rentang usia tersebut dengan tekanan darah tinggi juga IMT yang tidak normal berada pada risiko kematian tertinggi. 

  1. Penelitian Tersebut Mengembangkan Algoritma Yang Memprediksi Kematian

Penelitian tersebut mengembangkan algoritma yang memprediksi risiko kematian serta temuan tersebut didukung dengan kohort validasi eksternal. Teknologi semacam itu bisa membantu rumah sakit juga tenaga medis di seluruh dunia, untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra juga bisa membantu memprioritaskan beberapa pasien dengan risiko kematian tertinggi. 

Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sendiri adalah program komputer yang dirancang mengikuti tindakan dan pola pikir manusia. Kehadiran teknologi tersebut di sejumlah perangkat teknologi sehari hari mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Bahkan tidak sedikit dari pengguna yang jatuh hati dengan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan AI. 

Nah, jika kamu mencari informasi dan berita terupdate serta terpopuler lainnya, kamu bisa mengunjungi laman IDN TIMES untuk mendapatkan informasi terpopuler!



Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku

Inilah Arti dari Sholat Tahajud!

diversitybeautiful.com - Melakukan sholat tahajud bertujuan untuk memohon doa dan meminta hajat, dan dengan waktu yang diperlukan merupakan yang sangat tepat untuk bisa dikabulkannya doa dan permintaan Anda. Ada beberapa doa yang bisa diucapkan setelah Anda melakukan sholat tahajud, sesuai yang sudah ditentukan dalam agama Islam. Beberapa doa tersebut memiliki kandungan arti yang berbeda-beda, diantaranya ada 6 kandungan arti dari doa sholat tahajud tesebut yaitu sebagai berikut.  1. Doa Memuji Kebesaran Allah Doa pertama yang biasanya kita panjatkan adalah memuji semua kebesaran dan sifat-sifat dari Allah, sebelum kita memulai untuk permintaan kita sendiri. Maka kita memiliki sifat rendah diri dan rendah hati jika berhadapan denganNya, itulah kandungan arti dari doa sholat tahajud yang pertama kali kita lakukan. Memuji kebesaran dan kekuasaannya adalah kewajiban, karena itu artinya kita mengakui dan menyadari kebesaran dari Allah sang pencipta. 2. Doa Ampunan Dosa Sebagai manusia