Skip to main content

5 Macam Sholat Sunnah Lengkap Dengan Bacaan Niatnya


diversitybeautiful.com - Sholat sunnah atau sholat nafilah merupakan ibadah yang dilakukan diluar pelaksanaan sholat wajib lima waktu. Sholat sunnah akan mendatangkan pahala bagi yang mengerjakannya, namun tidak akan meninggalkan dosa bagi yang tidak mengerjakannya. Lantas, apakah kamu sudah tahu macam-macam sholat sunnah dan niatnya?

Jika belum tahu berikut dibawah ini akan diperkenalkan 5 macam sholat sunnah lengkap dengan bacaan niatnya :

  1. Sholat Rawatib

Sholat Rawatib merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebelum atau sesudah menunaikan sholat fardhu. Rasulullah SAW selalu mengerjakan sholat sunnah rawatib muakkad ini. Total sholat sunnah ini ada 10 atau 12 rakaat, yaitu 2 rakaat sebelum Subuh, 2 atau 4 rakaat sebelum Dzuhur, 2 rakaat sesudah Dzuhur, 2 rakaat setelah maghrib, dan 2 rakaat setelah Isya. 

Adapun bacaan niat sholat rawatib adalah seperti ini :

  • Sebelum Sholat Subuh 

“Usholli Sunnatash Subhi Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sebelum subuh 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sebelum Sholat Dzuhur

“Ushalli Sunnatadh Dhuhri Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sebelum dzuhur 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sesudah Sholat Dzuhur

“Ushalli Sunnatadh Dhuhri Rok’ataini Ba’diyah Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah Dzuhur 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sesudah Sholat Maghrib

“Usholli Sunnatal Maghribi Rok’ataini Ba’diyah Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah maghrib 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sesudah Sholat Isya

“Usholli Sunnatal Isyaa’i Rok’ataini Ba’diyatta Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah Isya 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Tahiyatul Masjid 

Anjuran mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid juga telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW :

“Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia salat dua rakaat sebelum dia duduk.” (HR. Al Bukhari No. 537 & Muslim No. 174). 

Bacaan niat sholat Tahiyatul Masjid :

“Ushalli sunnata tahiyyatal masjidi rak’ataini Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Saya berniat salat Tahiyyat Masjid 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan di pagi hari sejak matahari terbit sampai mendekati pukul 12.00. Sholat sunnah ini dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. 

Bacaan niat sholat Dhuha :

“Ushalli Sunnatadh dhuhaa rak’ataini Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat sholat sunat dhuha 2 rakaat, karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Istikharah

Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan seseorang yang ingin meminta petunjuk yang sebenar-benarnya dari Allah SWT. 

Bacaan niat sholat Istikaharah :

“Ushalli Sunnatal Istikhaarati rak’ataini Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat salat sunah Istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di sepertiga malam. Sholat sunnah ini dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal dengan jumlah rakaat tak terhingga. 

Bacaan niat sholat Tahajud :

“Ushalli Sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat salat sunah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Baca juga: Jenis dan Waktu Terbaik Mengamalkan Kalimat Thayyibah, Sumur Pahala!

Selain itu masih ada jenis sholat sunnah lainnya yang dapat diamalkan yaitu sholat tarawih dan sholat witir. 




Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Profesi Menjanjikan dan Terpopuler di 2020

diversitybeautiful.com - Bagi yang sudah lulus SMA maupun perguruan tinggi, tentu saja mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Nah, ngomong-ngomong soal pekerjaan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis pekerjaan yan paling populer dan menjanjikan di tahun 2020. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Akuntan dan Auditor Sejatinya, sebuah profesi yang berhubungan dengan keuangan itu memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun lembaga keuangan. Pasalnya, kebutuhan akan akuntan itu sendiri berperan sebagai pengatur dan memanjemen keuangan perusahaan agar dapat dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, jumlah SDM di Indonesia pada bidang ini masih tergolong sedikit lho. Nah, bagi kamu yang lulusan akuntansi, tentu saja kamu berpeluang besar untuk menjadi akuntan dan auditor. Hal itu pun terbukti, dimana profesi yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti aku

Inilah Arti dari Sholat Tahajud!

diversitybeautiful.com - Melakukan sholat tahajud bertujuan untuk memohon doa dan meminta hajat, dan dengan waktu yang diperlukan merupakan yang sangat tepat untuk bisa dikabulkannya doa dan permintaan Anda. Ada beberapa doa yang bisa diucapkan setelah Anda melakukan sholat tahajud, sesuai yang sudah ditentukan dalam agama Islam. Beberapa doa tersebut memiliki kandungan arti yang berbeda-beda, diantaranya ada 6 kandungan arti dari doa sholat tahajud tesebut yaitu sebagai berikut.  1. Doa Memuji Kebesaran Allah Doa pertama yang biasanya kita panjatkan adalah memuji semua kebesaran dan sifat-sifat dari Allah, sebelum kita memulai untuk permintaan kita sendiri. Maka kita memiliki sifat rendah diri dan rendah hati jika berhadapan denganNya, itulah kandungan arti dari doa sholat tahajud yang pertama kali kita lakukan. Memuji kebesaran dan kekuasaannya adalah kewajiban, karena itu artinya kita mengakui dan menyadari kebesaran dari Allah sang pencipta. 2. Doa Ampunan Dosa Sebagai manusia