Skip to main content

5 Macam Sholat Sunnah Lengkap Dengan Bacaan Niatnya


diversitybeautiful.com - Sholat sunnah atau sholat nafilah merupakan ibadah yang dilakukan diluar pelaksanaan sholat wajib lima waktu. Sholat sunnah akan mendatangkan pahala bagi yang mengerjakannya, namun tidak akan meninggalkan dosa bagi yang tidak mengerjakannya. Lantas, apakah kamu sudah tahu macam-macam sholat sunnah dan niatnya?

Jika belum tahu berikut dibawah ini akan diperkenalkan 5 macam sholat sunnah lengkap dengan bacaan niatnya :

  1. Sholat Rawatib

Sholat Rawatib merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebelum atau sesudah menunaikan sholat fardhu. Rasulullah SAW selalu mengerjakan sholat sunnah rawatib muakkad ini. Total sholat sunnah ini ada 10 atau 12 rakaat, yaitu 2 rakaat sebelum Subuh, 2 atau 4 rakaat sebelum Dzuhur, 2 rakaat sesudah Dzuhur, 2 rakaat setelah maghrib, dan 2 rakaat setelah Isya. 

Adapun bacaan niat sholat rawatib adalah seperti ini :

  • Sebelum Sholat Subuh 

“Usholli Sunnatash Subhi Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sebelum subuh 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sebelum Sholat Dzuhur

“Ushalli Sunnatadh Dhuhri Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sebelum dzuhur 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sesudah Sholat Dzuhur

“Ushalli Sunnatadh Dhuhri Rok’ataini Ba’diyah Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah Dzuhur 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sesudah Sholat Maghrib

“Usholli Sunnatal Maghribi Rok’ataini Ba’diyah Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah maghrib 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Sesudah Sholat Isya

“Usholli Sunnatal Isyaa’i Rok’ataini Ba’diyatta Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah Isya 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Tahiyatul Masjid 

Anjuran mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid juga telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW :

“Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia salat dua rakaat sebelum dia duduk.” (HR. Al Bukhari No. 537 & Muslim No. 174). 

Bacaan niat sholat Tahiyatul Masjid :

“Ushalli sunnata tahiyyatal masjidi rak’ataini Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Saya berniat salat Tahiyyat Masjid 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan di pagi hari sejak matahari terbit sampai mendekati pukul 12.00. Sholat sunnah ini dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. 

Bacaan niat sholat Dhuha :

“Ushalli Sunnatadh dhuhaa rak’ataini Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat sholat sunat dhuha 2 rakaat, karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Istikharah

Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan seseorang yang ingin meminta petunjuk yang sebenar-benarnya dari Allah SWT. 

Bacaan niat sholat Istikaharah :

“Ushalli Sunnatal Istikhaarati rak’ataini Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat salat sunah Istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di sepertiga malam. Sholat sunnah ini dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal dengan jumlah rakaat tak terhingga. 

Bacaan niat sholat Tahajud :

“Ushalli Sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati Lillahi Ta’ala.”

Artinya, “Aku niat salat sunah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Baca juga: Jenis dan Waktu Terbaik Mengamalkan Kalimat Thayyibah, Sumur Pahala!

Selain itu masih ada jenis sholat sunnah lainnya yang dapat diamalkan yaitu sholat tarawih dan sholat witir. 




Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog