Skip to main content

4 Oleh Oleh Khas Manado Yang Rasanya Lezat


Manado merupakan kota yang dikenal memiliki spot diving yang indah. Seperti salah satunya Taman Laut Bunaken yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, sehingga tidak heran jika kota ini selalu dibanjiri oleh wisatawan. Baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Manado hanya punya objek wisata alam saja, namun juga memiliki makanan khas yang lezat.

Jika kamu berkunjung ke Manado, disana kamu tidak hanya bisa menikmati wisata alam dan kuliner khasnya saja, namun bisa juga membawa pulang oleh oleh khas Manado untuk kelurga di rumah atau kerabat terdekat. Lantas, apa saja oleh oleh khas Manado yang dikenal lezat rasanya? 

Berikut dibawah ini 4 oleh oleh khas Manado yang rasanya lezat, diantaranya yaitu :

  1. Halua Kenari

Halua Kenari merupakan kue khas Manado yang terbuat dari bahan dasar kacang kenari. Kacang kenari sendiri merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang kenari ini dilapisi gula merah yang telah dilebur sebelumnya. Tidak sulit untuk kamu menemukan camilan favorit masyarakat Manado yang satu ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh oleh. 

Oleh oleh khas Manado ini dipatok dengan kisaran harga antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 45 ribu tergantung pada ukuran dan berat isinya. Cemilan ini merupakan teman yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi. 

  1. Pala Manis

Pala manis juga merupakan kudapan khas Manado yang sudah terkenal hingga negara tetangga, bahkan sudah diekspor ke negeri jiran Malaysia. Pala manis khas Manado memiliki tampilan yang berbeda daripada manisan pala dari daerah lain. Pala manis Manado menggunakan bahan dasar buah pala dengan cairan gula sebagai pemanisnya, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Sementara di daerah lain, biasanya manisan pala menggunakan gula pasir. 

Harga yang dipatok untuk oleh oleh khas Manado ini sekitar Rp. 40 ribu per bungkusnya. Kamu bisa menjumpai pala manis ini di berbagai sudut kota Manado, atau di counter Bandara Sam Ratulangi Manado juga Pelabuhan Bitung. 

  1. Kacang Goyang

Kacang goyang merupakan camilan yang selalu ada di acara hajatan masyarakat Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom berbalut terigu yang kemudian dilumuri gula dilapisan luarnya sehingga membuat warnanya beragam. Nama kacang goyang ini sendiri diambil berdasarkan proses pembuatannya, dimana dalam pembuatannya kacang ini harus digoyang goyang. 

Biasanya bahan bahan yang digunakan untuk membuat kacang goyang seperti coklat van houten, gula putih, dan zat pewarna makanan yang tentunya sudah terdaftar aman. Harga kacang goyang ini berkisar antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 25 ribu. 

  1. Dodol Amurang

Tidak hanya kota Garut saja yang terkenal dengan dodolnya, karena ternyata Manado juga punya dodol khas tersendiri yang bernama dodol amurang. Dodol amurang yang banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan ini dibuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk diambil santannya, kacang, juga kayu manis.

Setelah semua bahan tadi menjadi satu dan dibungkus dengan daun kelapa, lalu dodol ini dikukus dengan panas 120 derajat. Dodol amurang merupakan makanan khas wajib dalam acara syukuran masyarakat Manado. Harga dodol amurang ini berkisar dari Rp. 500 hingga Rp. 5.000 tergantung dari ukurannya. 

Selain itu masih ada oleh oleh khas Manado lain yang rasanya lezat yaitu Cakalang Fufu dan Sambal Roa.

Baca juga: Resep Kwetiau Siram ala Resto, Cara Membuatnya Sederhana Banget

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog