Skip to main content

4 Oleh Oleh Khas Manado Yang Rasanya Lezat


Manado merupakan kota yang dikenal memiliki spot diving yang indah. Seperti salah satunya Taman Laut Bunaken yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, sehingga tidak heran jika kota ini selalu dibanjiri oleh wisatawan. Baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Manado hanya punya objek wisata alam saja, namun juga memiliki makanan khas yang lezat.

Jika kamu berkunjung ke Manado, disana kamu tidak hanya bisa menikmati wisata alam dan kuliner khasnya saja, namun bisa juga membawa pulang oleh oleh khas Manado untuk kelurga di rumah atau kerabat terdekat. Lantas, apa saja oleh oleh khas Manado yang dikenal lezat rasanya? 

Berikut dibawah ini 4 oleh oleh khas Manado yang rasanya lezat, diantaranya yaitu :

  1. Halua Kenari

Halua Kenari merupakan kue khas Manado yang terbuat dari bahan dasar kacang kenari. Kacang kenari sendiri merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang kenari ini dilapisi gula merah yang telah dilebur sebelumnya. Tidak sulit untuk kamu menemukan camilan favorit masyarakat Manado yang satu ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh oleh. 

Oleh oleh khas Manado ini dipatok dengan kisaran harga antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 45 ribu tergantung pada ukuran dan berat isinya. Cemilan ini merupakan teman yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi. 

  1. Pala Manis

Pala manis juga merupakan kudapan khas Manado yang sudah terkenal hingga negara tetangga, bahkan sudah diekspor ke negeri jiran Malaysia. Pala manis khas Manado memiliki tampilan yang berbeda daripada manisan pala dari daerah lain. Pala manis Manado menggunakan bahan dasar buah pala dengan cairan gula sebagai pemanisnya, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Sementara di daerah lain, biasanya manisan pala menggunakan gula pasir. 

Harga yang dipatok untuk oleh oleh khas Manado ini sekitar Rp. 40 ribu per bungkusnya. Kamu bisa menjumpai pala manis ini di berbagai sudut kota Manado, atau di counter Bandara Sam Ratulangi Manado juga Pelabuhan Bitung. 

  1. Kacang Goyang

Kacang goyang merupakan camilan yang selalu ada di acara hajatan masyarakat Manado. Kacang goyang merupakan kacang atom berbalut terigu yang kemudian dilumuri gula dilapisan luarnya sehingga membuat warnanya beragam. Nama kacang goyang ini sendiri diambil berdasarkan proses pembuatannya, dimana dalam pembuatannya kacang ini harus digoyang goyang. 

Biasanya bahan bahan yang digunakan untuk membuat kacang goyang seperti coklat van houten, gula putih, dan zat pewarna makanan yang tentunya sudah terdaftar aman. Harga kacang goyang ini berkisar antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 25 ribu. 

  1. Dodol Amurang

Tidak hanya kota Garut saja yang terkenal dengan dodolnya, karena ternyata Manado juga punya dodol khas tersendiri yang bernama dodol amurang. Dodol amurang yang banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan ini dibuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk diambil santannya, kacang, juga kayu manis.

Setelah semua bahan tadi menjadi satu dan dibungkus dengan daun kelapa, lalu dodol ini dikukus dengan panas 120 derajat. Dodol amurang merupakan makanan khas wajib dalam acara syukuran masyarakat Manado. Harga dodol amurang ini berkisar dari Rp. 500 hingga Rp. 5.000 tergantung dari ukurannya. 

Selain itu masih ada oleh oleh khas Manado lain yang rasanya lezat yaitu Cakalang Fufu dan Sambal Roa.

Baca juga: Resep Kwetiau Siram ala Resto, Cara Membuatnya Sederhana Banget

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diversitybeautiful.com - Bagi calon ibu, tentu saja kehamilan itu merupakan momen yang paling dinanti-nanti. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang anak. Beragam upaya pun akan dilakukan oleh calon ibu, agar mereka bisa hamil. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesuburan. Nah, berbicara soal cara meningkatkan kesuburan wanita , ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita lho. Makanan apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini : 1. Beras Merah Jenis makanan pertama yang bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni berupa beras merah. Mengapa harus beras merah? Pasalnya, beras merah ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang lebih baik ketimbang karbohidrat simplek. Soalnya, kandungan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Selain beras merah, kandungan karbo

Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya

Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol.  CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL BAHAN-BAHAN 300 gram jengkol  5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap  ½ sendok teh merica  5 sdm kecap manis ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar  100 ml air  2 lembar daun salam  1 sdm gula merah yang sudah diserut  Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah  ½ butir pala  ½ sendok teh jinten  8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera  1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera  2 buah kemiri  2-3 siung bawang putih Baca Juga : RESEP MEMBUAT SAPO TAHU SEDERHANA KAYA ISIAN CAR

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W