Skip to main content

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya


Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang. 

Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan. 

Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu :

  1. Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021

Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021. 


  1. Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000

Program Kartu Prakerja merupakan skema bantuan pelatihan yang dalam masa pandemi juga disertai dengan insentif. Setiap peserta akan mendapatkan bantuan senilai Rp. 3.550.000 dengan rincian sebagai berikut :

  • Rp. 1 juta untuk bantuan pelatihan

  • Insentif setelah pelatihan Rp. 600.000 per bulan selama empat bulan

  • Dan insentif survei senilai Rp. 150.000. 


  1. Perihal Penambahan Gelombang Untuk Semester I, Pelaksana Masih Memantau Kemajuan Penerima Kartu Prakerja Gelombang Sebelumnya

Perihal penambahan gelombang untuk semester I, Loisa mengatakan bahwa pihaknya masih memantau kemajuan penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya dalam membeli pelatihan pertama.


Loisa merujuk pada Peraturan Menteri Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja bahwa setiap peserta sudah harus membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Jika tidak melakukannya, maka kepesertaannya akan dicabut. Namun, nanti mungkin pihaknya akan membuka gelombang tambahan untuk menampungnya. 


  1. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 16

Adapun untuk bisa mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 16, simak caranya dibawah :


  1. Membuat Akun Prakerja

  • Masuk ke situs www.prakerja.go.id, kemudian klik ‘Buat Akun’.

  • Memasukkan nama lengkap, alamat email, serta kata sandi baru. 

  • Jangan lupa mencentang pernyataan dibawahnya, lalu klik ‘Buat Akun’.

  • Cek e-mail dari Kartu Prakerja, lalu ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail. 

  • Setelah konfirmasi akun e-mailikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail. 

  • Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali lagi ke situs Prakerja, kemudian klik ‘Login’ untuk masuk ke dashboard akun. 


  1. Melengkapi Data Diri

  • Masuk ke akun Kartu Prakerja dengan alamat e-mail dan kata sandi yang sudah dibuat. 

  • Memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir, kemudian klik ‘Berikutnya’.

  • Mengisi data diri mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, dan foto KTP, kemudian klik ‘Berikutnya’. 

  • Memasukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS. 


BACA JUGA : Review Berbagai Fitur Menarik IDN App Yang Layak Dicoba


Setelah melengkapi data diri, pemilik akun tersebut akan diminta untuk mengikuti tes awal berupa tes motivasi serta kemampuan dasar.

Berikut dibawah ini hal hal yang perlu diketahui soal tes motivasi serta kemampuan dasar tersebut :

  • Mengikuti tes motivasi serta kemampuan dasar selama 15 menit.

  • Menyiapkan alat tulis dan kertas jika diperlukan.

  • Menunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan serangkaian tes. 

  • Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali lagi ke situs Prakerja, lalu gabung ke gelombang pendaftaran yang tengah dibuka. 

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba