Skip to main content

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW. Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya. 

Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan. 

Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan.

Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini

  • Kebersihan adalah Sebagian dari Iman

Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan bahwa menjaga kebersihan merupakan salah satu bentuk taat kepada Allah SWT. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Kebersihan itu sebagian dari iman dan bacalah Hamdallah (pahalanya) memenuhi timbangan dan bacaan tasbih dan hamdallah (pahalanya) akan memenuhi dua hal atau memenuhi apa-apa yang ada di langit dan di bumi”.

Menjaga kebersihan menjadi salah satu bentuk keimanan kepada Allah SWT sehingga Allah menyukai hal-hal yang baik dan suci. Selain itu, dengan selalu menjaga kebersihan ala Rasulullah SAW, anak juga akan selalu menerapkan dan mengamalkan sunnah sunnah Rasulullah SAW. 

Sehingga tak hanya menjaga kebersihan saja, dengan mengamalkan sunnah rasul maka orang tersebut akan selalu mendapatkan pahala.

  • Kebersihan Lahir dan Batin

Menjaga kebersihan tidak hanya dengan cara membersihkan badan saja seperti mandi secara rutin, membersihkan pakaian, memotong kuku dan menjaga penampilan. Menjaga kebersihan juga bisa mulai diajarkan dengan menjaga kebersihan hati. 

Kebersihan hati yakni menjauhkan dari berbagai macam penyakit hati seperti iri, dengki dan juga sombong.  Allah sangat menyukai perbuatan-perbuatan baik. 

Sehingga ajaklah anak sedari dini untuk selalu menjadi orang yang baik, berlomba-lomba menuju kebaikan dan tidak memiliki sifat yang jahat. Menjaga kebersihan batin juga akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak jorok serta kotor.

  • Manfaat Menjaga Kebersihan

Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan juga bisa dilakukan dengan cara memberikan edukasi betapa banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari menjaga kebersihan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menjaga kebersihan. 

Menjaga kebersihan merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah karena selalu menjaga keimanannya.  Selain itu, menjaga kebersihan juga bisa memberikan manfaat berupa meningkatkan tingkat iman dan taqwa seorang muslim kepada Allah SWT. 

Dengan menjadi orang yang baik dan taqwa serta selalu menaati perintah Allah SWT, anak akan tumbuh dan belajar untuk menjadi anak yang patuh kepada orang tua serta selalu menjadi anak yang baik. Hal ini juga tertuang pada HR. Tirimidzi sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA : BEBERAPA NAMA BAYI LAKI-LAKI ISLAM DAN ARTINYA

 “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.”

Menjaga kebersihan juga memberikan keutamaan atau manfaat dicintai oleh Allah SWT. Siapa yang tidak akan senang jika disukai Allah SWT. Anda bisa mengajarkan anak untuk senantiasa menjaga kebersihan. Allah menyukai hal-hal yang baik dan indah. 



Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog