Skip to main content

Keutamaan dan Manfaat Ayat Kursi yang Baik untuk Umat Islam Amalkan

Keutamaan dan Manfaat Ayat Kursi

Inilah Keutamaan dan Manfaat dari Membaca Ayat Kursi 

Keutamaan dan manfaat dari membaca ayat kursi perlu umat Islam tahu agar semangat mengamalkannya. Sebagai seorang Muslim tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah ayat Al Quran yang bernama ayat Kursi bukan? 

Akan tetapi, ternyata masih banyak dari kita yang tidak mengetahui keutamaan dan manfaat membaca ayat Kursi. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa keutamaan ayat Kursi beserta manfaatnya. Tanpa banyak pajang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

Keutamaan & Manfaat Ayat Kursi:

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al Quran

Keutamaan pertama dari Ayat Kursi, yakni merupakan ayat yang paling agung dalam Al Quran. Pasalnya, di dalam ayat Kursi terdapat kalimat “Alhayyu dan Alqayyum” yang merupakan nama Allah SWT paling agung. 

Dengan demikian, maka tak heran juga jika ayat Kursi menjadi ayat paling spesial dari sebagian ayat yang ada di dalam Al Quran. 

2. Akan Dipermudah Segala Urusan

Ada waktu-waktu tertentu yang paling tepat untuk membaca ayat Kursi, yakni di pagi hari hingga petang, setelah selesai menunaikan sholat 5 waktu, dan sebelum tidur. Dengan membaca ayat Kursi di waktu tersebut, maka Allah SWT akan memudahkan dalam berbagai urusan kehidupan. 

Hal itu pun sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Barangsiapa yang belajar ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu mana saja dipersilahkan.“

3. Menjadi Penolong bagi Umat Islam

Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi setiap Muslim yang tengah ditimpa kesusahan, jika ia sering mengamalkan ayat Kursi sesudah menunaikan sholat wajib maupun sunnah. Tak hanya itu, Allah SWT juga akan melindungi setiap hamba-Nya yang gemar mengamalkan ayat Kursi dari berbagai hal-hal yang buruk. 

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya: “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Bukhari). 

4. Ayat yang Paling Diberkahi

Selain ayat yang paling agung, ayat Kursi juga menjadi salah satu ayat yang paling diberkahi oleh Allah SWT. Dengan mengamalkan ayat Kursi secara rutin, maka seorang Muslim akan terhindar dari bencana, kesusahan, serta kesedihan. 

5. Meraih Pahala Syahid

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa membaca ayat Kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid.” (HR Hakim).

Bacaan & Arti Ayat Kursi

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa‘ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyul ‘adhiim

Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan di belakang mereka, sedangkan mereka tidak mengetahui apa-apa ilmu dari Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Itulah penjelasan tentang keutamaan dan manfaat Ayat Kursi yang bisa diamalkan. Semoga pembahasan ini bisa menjadi motivasi untuk semangat mengejar ridho Allah.

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog