Skip to main content

Manfaat Izin BPOM Bagi Pelaku Bisnis dan Biayanya

Manfaat Izin BPOM Bagi Pelaku Bisnis dan Biayanya

Manfaat Izin BPOM


Pernahkah Anda mendengar izin edar BPOM? Izin yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai lembaga negara yang bertugas memberi jaminan kepada konsumen. BPOM memiliki kewenangan mengawasi dan memberikan izin edar pada produk obat dan makanan yang memenuhi standar atau sebaliknya melarang peredaran produk yang berbahaya.

Aturan izin edar produk ini juga berlaku untuk Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM). Jadi bagi para pelaku UMKM wajib tahu cara pengajuan izin hingga biaya BPOM untuk UMKM. Sebelumnya, penting untuk mengetahui apa sebenarnya keuntungan mendapat izin edar BPOM bagi pelaku bisnis dalam hal ini termasuk UMKM.

  • Garansi keamanan

Izin BPOM


Produk yang telah mendapat izin edar dari BPOM dinyatakan layak dan aman untuk dikonsumsi, baik dari segi bahan, kebersihan dan sebagainya. Tentunya hal tersebut menjadi garansi tersendiri yang dapat membuat konsumen lebih percaya.

  • Jaminan kualitas



BPOM tentu memiliki kriteria khusus untuk meloloskan sebuah produk baik obat maupun makanan. Karenanya produk yang telah memiliki izin yang dikeluarkan BPOM dipastikan memiliki kualitas yang patut dipertimbangkan.

  • Meningkatkan citra produk



Karena telah terjamin keamanan dan kualitasnya, produk Anda akan lebih dipercaya oleh konsumen maupun calon konsumen. Produk Anda akan memiliki citra lebih baik dan tidak akan dinilai sebagai produk abal-abal.

  • Menjangkau pasar lebih luas



Efek domino berikutnya setelah citra produk yang baik diperoleh, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Konsumen yang tadinya ragu untuk mencoba menjadi lebih berani karena produk Anda memiliki citra yang dapat dipercaya.

  • Menjaga kestabilan harga



Tidak kalah penting untuk pelaku UMKM namun cukup sulit dilakukan adalah menjaga kestabilan harga jual. Namun dengan memiliki jaminan kualitas produk dan citra baik lainnya tidak akan sulit untuk menjaga kestabilan harga produk.

Jadi bagi Anda pelaku UMKM untuk mendapat keuntungan tersebut dapat mengurus izin edar ke BPOM. Pasti Anda penasaran berapa besaran biaya BPOM untuk UMKM bukan? Biaya registrasi izin BPOM diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2017 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berlaku untuk layanan BPOM.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengurus izin BPOM setiap produknya dimulai dari Rp 100 ribu untuk makanan dan obat-obatan. Besaran biaya berbeda berlaku untuk  jasa notifikasi kometika. Produk kosmetik yang diproduksi negara ASEAN dikenai biaya Rp 500 ribu per produk sedangkan produk negara non ASEAN dikenai biata Rp 1,5 juta per produk.

Izin BPOM tersebut berlaku selama lima tahun sejak diterbitkan. Setelah lima tahun izin perlu diperpanjang atau registrasi ulang dengan biaya sebedar Rp 1 juta per produk untuk usaha kecil obat tradisional. Sedangkan untuk kosmetik biayanya sebesar Rp 5 juta per sertifikat.

Itulah tentang manfaat memiliki izin BPOM serta besaran biaya BPOM UMKM yang penting untuk diketahui. Namun untuk produk makanan, tidak semua makanan memerlukan izin BPOM. Seperti makanan siap saji yang disiapkan dan disajikan secara langsung, makanan yang dijual atau dikemas di hadapan pembeli seperti di warung-warung makan.

Bahkan frozen food tidak harus mendapat izin BPOM jika masa simpannya kurang dari tujuh hari. Serta beberapa jenis makanan lain yang menjadi pengecualian. Untuk memastikan apakah produk Anda termasuk pengecualian, Anda dapat berkonsultasi langsung pada petugas BPOM.

Baca juga: 8 Merk Baju Bayi SNI Murah yang Kekiniaan dan Berkualitas Premium


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog