Skip to main content

Apa Itu Appetizer? Ini Contoh Hidangan Pembuka Dingin

Apa Itu Appetizer? Ini Dia Contoh Hidangan Pembuka Dingin yang Bisa Kamu Coba

Sumber: Taste of Home

Makan adalah salah satu kegiatan manusia untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk mendapatkan manfaat yang dikandungnya seperti energi, nutrisi, vitamin dan menunda rasa lapar yang dirasakan dengan rasa yang menggugah selera. Struktur/komposisi makanan dibagi menjadi beberapa tingkatan dan selalu diawali dengan makanan pembuka atau lebih dikenal dengan "pembuka".

Makanan pembuka adalah makanan yang disajikan dalam porsi kecil dengan tujuan untuk merangsang nafsu makan sebagai makanan pembuka sebelum hidangan utama dengan rasa asam, manis atau pedas. 

Fungsi Appetizer

Sumber: A Couple Cooks

Fungsi utama appetizer adalah untuk membangkitkan selera, terkadang dalam jamuan makan formal atau di restoran berbintang, penyajian minuman beralkohol selalu didahulukan dan makanan yang disajikan harus dalam kondisi prima, baik dalam aroma maupun rasa. dan terlihat. Jajanan tersebut sengaja dibuat dengan bahan dan bumbu pilihan yang dapat merangsang asam lambung di perut, menambah rasa lapar.

Selain itu, hidangan pembuka yang lezat diharapkan dapat memberikan kesan bahwa hidangan berikutnya akan menjadi jenis makanan pembuka yang jauh lebih enak.

Jenis Appetizer

Sumber: Well Plated by Erin

Berdasarkan Suhu Penyajiannya 

Ada dua jenis appetizer yang disajikan berdasarkan suhu, yaitu 

  • Cold Appetizer

Warna dan rasa cold appetizer juga harus menarik dan disajikan pada suhu 10oC – 15oC seperti salad, jelly, dan canapĂ©. Nafsu makannya tidak terpuaskan karena porsinya kecil. 

  • Hot Appetizer 

Disajikan pada suhu panas sekitar 50°C - 60°C dengan tampilan yang menarik seperti puff pastry, donat, quiche lorraine dan kroket. 

Appetizer Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Sedangkan jenis makanan pembuka dapat dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan bahan yang digunakan, antara lain:

  • Sur Asiette Complate

Hidangan pembuka ini dibuat dari bahan utama yang tersisa di dapur, atau bisa juga menggunakan bahan-bahan yang tersedia dengan harga yang terjangkau. 

  • Hors D’Oeuvre Royale

Dibuat dengan bahan-bahan premium dengan harga premium dan biasanya disajikan tanpa saus.

  • Hors d'Oeuvre Varied

Hidangan pembuka ini disiapkan menggunakan kombinasi bahan-bahan murah dengan bahan-bahan premium untuk menciptakan menu pembuka yang lezat.

Baca juga: Mengenal Perbedaan VCD vs. DVD

Keunikan hidangan Appetizer

Sumber: Allrecipes

Hidangan pembuka memang sengaja disiapkan bukan tanpa alasan, karena fungsi dari hidangan pembuka adalah untuk membangkitkan selera, secara umum memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki banyak variasi menu dengan bahan yang berbeda-beda seperti jamur, tulang ikan, aneka rasa. kerang dan rumput laut 
  • Memiliki warna yang cukup cerah, misal merah cerah, oranye atau kuning 
  • Memiliki rasa yang ringan, hangat, menyegarkan dan disajikan secara menarik
  • Memiliki aroma yang mampu menggugah selera
  • Disajikan dalam porsi kecil
  • Disajikan di awal

Bahan untuk Appetizer

Sumber: Orami

Untuk menyiapkan hidangan pembuka yang kaya dan lezat, Anda membutuhkan bahan-bahan berkualitas yang harus segar. Bahan untuk pembuka terdiri dari kombinasi makanan seperti daging, makanan laut, unggas, sayuran dan buah. 

Semua bahan ini harus disimpan di lemari es untuk menjaga suhu dan mengurangi kerusakan. Selain itu, bahan untuk makanan pembuka tidak boleh disimpan terlalu lama dan segera diproses Untuk menjaga rasa dan aroma.

Contoh Menu Appetizer

Sumber: Cooking Homemade Recipes from Scratch

Berikut ini adalah contoh cold appetizer maupun hot appetizer, yaitu:

Contoh Cold Appetizer

  • Fruit salad
  • Vegetable salad
  • Coktail
  • Salad ayam saus fresh mayonnaise
  • Bang-bang chicken

Contoh Hot Appetizer

  • Potatao dan porcini soup
  • Hummus
  • Croquette
  • Risoles
  • Ballotines
  • Quiche Lorraine
  • Galantine

Penutup

Itulah penjelasan singkat beserta contoh dari cold appetizer yang bisa dihidangkan di Indonesia.

Baca juga: Variasi Rasa dan Resep Masakan Thailand yang Halal


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog