Skip to main content

Cara Mudah Membuat Bubur Randang


Bagi warga daerah Kalimantan Selatan mungkin sudah tidak asing dengan nama Bubur Randang. Namun, sebagian daerah lainnya tentu belum mengenal bubur satu ini. Ya, bubur randang merupakan makanan khas Kalimantan selatan.

Bubur randang merupakan bubur yang berbahan dasar sagu. Bagi sebagian orang, bubur sagu yang biasa dikenal memiliki bentuk mutiara ini tentu sudah tidak asing bukan? Nah, perlu diketahui bahwa makanan tersebut berasal dari Kalimantan Selatan lho. 

Untuk membuat bubur randang ternyata tidaklah sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk didapat karena bisa Anda beli di supermarket, pasar, dan minimarket terdekat. Cara membuatnya pun terbilang mudah, siapapun bisa mencobanya sendiri dirumah. Nah, untuk membuat bubur randang, mari simak penjelasan berikut.

Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat bubur randang, ada beberapa bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Sagu randang sebanyak 500 gram

  • Gula merah sebanyak 250 gram

  • Gula pasir sebanyak 100 gram

  • Air putih sebanyak 1.500 ml

  • Garam sebanyak ½ sendok teh

Nah, selanjutnya untuk bahan kuahnya kamu membutuhkan bahan sebagai berikut:

  • Santan sebanyak 1.000 ml dengan kekentalan yang sedang

  • Garam sebanyak 1 sendok the

  • Daun pandan sebanyak 2 lembar yang diikat simpul

Cara Membuat

Untuk membuat bubur randang, Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan gula aren, gula pasir dan daun pandan hingga larut.

  • Setelah itu, nyalakan api sedang untuk memasukkan sagu randang untuk memasukkan sagu randang ke air. Kemudian aduk hingga merata dan tutup sesekali agar tidak menggumpal.

  • Setelah itu, masak hingga sagu terasa mengenal dan warna putih pada sagu hilang. 

  • Selanjutnya untuk membuat kuah santan maka campurkan bahan kuah dan masak hingga mendidih.

  • Setelah itu siapkan mangkuk dan tuang bubur ke dalam mangkuk kemudian siram dengan kuah santan yang telah matang. Kemudian bubur randang siap disantap..

Manfaat Bubur Randang

Bubur randang adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang sangat menggugah selera. Sagu yang merupakan bahan dasar dari bubu randang ini merupakan karbo yang bisa menjadi makanan pokok bagi sebagian daerah, salah satunya adalah Papua. 

Bahkan sebagian masyarakat di Indonesia juga masih menggunakan sagu sebagai pengganti nasi. Perlu diketahui abhwa sagu merupakan bahan yang mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tidak heran jika manfaat sagu untuk kesehatan begitu melimpah. 

Lantas apa saja manfaat sagu yang menjadi bahan dasar bubur randang ini? Berikut diantaranya.

  • Karbohidrat murni yang terkandung dalam sagu bermanfaat sebagai sumber energy dan fungsi otak.

  • Sagu mengandung amylose sejenis pati dengan rantai glukosa yang mampu melepas gula dalam tubuh dengan jumlah yang terkontrol sehingga kadar kolestrerol terjaga dan terbebas dari penyakit jantung.

  • Memperlancar system pencernaan.

  • Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi karena kandungan zat besi, kalsium dan tembaga dari sagu.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Bubur Randang

Dalam membuat bubur randang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas rasa dari bubur randang ini mulai dari jenis bahan, pilihlah bahan yang masih segar.

Selanjutnya, hal yang mempengaruhi kualitas rasa lainnya adalah cara membuatnya. Jika Anda masih pemula mungkin rasanya tidak begitu mirip dengan yang biasa Anda rasakan saat membelinya. Namun, Anda tidak boleh menyerah dalam membuat bubur randang. Karena, jika Anda sudah mengetahui trik dan langkah membuatnya dengan benar maka Anda pasti bisa membuat bubur randang yang enak.  

Baca juga: Apa Itu Appetizer? Ini Contoh Hidangan Pembuka Dingin

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog