Skip to main content

Jangan Terlewat, Ini 9 Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dibawa Pulang

 


Jogja menawarkan sejuta keindahan, mulai dari budaya, seni hingga alam. Tak heran jika kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini berkali-kali menjadi tujuan wisatawan nasional maupun internasional. 

Jika Anda berencana untuk mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas Jogja untuk teman atau keluarga di kampung halaman. Oleh-oleh apa yang bisa kamu bawa pulang dari sini? 


1. Bakpia

Salah satu oleh-oleh khas Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bakpia, makanan dengan rasa manis dan asin serta tekstur yang lembut dan bulat yang menjadi ciri khas kota Jogja. Awalnya, produksi makanan ini berpusat di desa Pathuk, Jogja. 

Juga dikenal sebagai "Bakpia Pathuk". Seiring berjalannya waktu, banyak variasi isian bakpia modern yang disukai banyak orang, antara lain keju, coklat, durian, kopi, bahkan teh hijau.


2. Bakpia Kukus 

Salah satu Bakpia baru yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh khas Jogja adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja. Yang membedakan bakpia kukus dengan bakpia pathuk adalah teksturnya yang lebih lembut hampir seperti roti. 

Selain itu, varian rasa bakpia kukus juga beragam mulai dari kacang hijau, keju dan cokelat. 


3. Yangko

Jika Jepang terkenal dengan kue mochinya, maka Jogja Yangko memilikinya. Makanan ini sering disebut dengan kue jogja mochi. 

Makanan khas jogja ini memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari tepung beras yang diisi dengan kacang tanah atau isian lainnya. Daerah yang terkenal dengan produksi yangko adalah daerah Kotagede, konon pada zaman dahulu yangko hanya dihidangkan untuk raja dan bangsawan karena bahannya yang mahal.


4. Tasuba 

Tasuba adalah singkatan dari Tahu Susu Bakso. Oleh-oleh khas Jogja ini memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan tahu pangsit lainnya. 

Tasuba cocok sebagai oleh-oleh untuk teman atau kerabat di rumah karena memiliki daya simpan yang cukup lama, yaitu dapat bertahan hingga 6 bulan bahkan tanpa bahan pengawet.


5. Belalang goreng

Meski terdengar berbeda dan tidak biasa, ternyata makanan yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja. Salah satu daerah yang terkenal dengan produksi belalang gorengnya adalah kawasan Gunung Kidul, namun anda tidak perlu khawatir karena oleh-oleh khas Jogja ini mudah ditemukan di sepanjang jalan menuju Gunung Kidul.


6. Chocolate Monggo

Cokelat monggo ini bisa dijadikan camilan. Meskipun cokelat bukan makanan khas daerah, Anda akan kesulitan menemukan cokelat Monggo di daerah lain. 

Makanan ini dibuat oleh seorang warga negara Belgia yang sudah lama tinggal di Jogja, jadi rasanya tidak perlu diragukan lagi. Cokelat Monggo ini memiliki cita rasa lokal yang unik mulai dari rasa durian, mangga, jeruk bahkan cabai. 


7. Gudeg Kaleng

Soal oleh-oleh khas Jogja, Gudeg tidak bisa ditinggalkan. Makanan khas jogja yang tahan lama ini terbuat dari nangka muda, yang kemudian dimasak dengan santan dan bumbu lainnya. 

Karena makanan ini dibuat dengan santan sehingga tidak disimpan sebagai oleh-oleh, kini ada inovasi dari gudeg dalam kaleng yang memiliki daya simpan lebih lama. Untuk mengkonsumsinya hanya perlu dipanaskan beberapa menit lalu siap disantap.


8. Keripik Belut

Keripik belut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan keripik Welut. Keripik welut biasanya bisa ditemukan di Pasar Godean dan pusat oleh-oleh lainnya di Jogja. 


9. Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman lokal yang kini juga menjadi oleh-oleh khas Jogja. Sebenarnya "uwuh" berarti "sampah" dalam bahasa Jawa, tapi jangan salah, minuman ini disebut uwuh karena terbuat dari berbagai bahan dan bumbu yang ditumpuk jadi terlihat seperti tumpukan sampah.

Kini wedang uwuh sudah banyak tersedia dan dikemas dalam kemasan praktis lengkap dengan gula batu untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Itu dia rekomendasi 9 oleh-oleh khas Jogja yang wajib Anda bawa pulang. 


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog