Skip to main content

11 Jenis Tanaman Umbi-umbian yang Tumbuh di Indonesia


Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak jenis umbi. Tidak hanya umbi kecil, tetapi juga umbi yang sangat besar.

Ada berbagai jenis umbi-umbian, ada yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi, ada juga yang digunakan sebagai bumbu masakan. Coba tebak jenis umbi apa saja yang tumbuh di Indonesia? 

  1. Bawang 

Jenis umbi-umbian yang pertama adalah bawang. Ada berbagai jenis bawang seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bawang dayak dan banyak lagi. Saat ini, bawang bombay merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai bumbu utama di dapur. 


  1. Gembili 

Meskipun merupakan spesies berumbi dengan nama yang belum banyak diketahui, Gembili merupakan salah satu spesies berumbi yang ada di Indonesia.

Padahal, Gembili merupakan spesies berumbi yang hampir punah. Meskipun merupakan spesies yang terancam punah.


  1. Singkong 

Siapa yang tidak mengenal singkong, jenis umbi yang satu ini sangat populer. Bahkan, masih tersebar luas dan digunakan sebagai makanan dengan berbagai jenis olahan modern. 

Bahkan, umbi jenis ini masih digunakan sebagai camilan pengganti nasi. Tidak hanya umbinya saja yang digunakan, daun singkong juga sering disantap sebagai salah satu sayuran terpopuler di Indonesia. 


  1. Ubi Jalar 

Jenis sayuran umbi-umbian yang populer lainnya adalah ubi, atau biasa disebut dengan ubi. Bentuk ubi jalar bulat dan hampir seperti kentang. 

Ubi jalar sendiri memiliki beberapa jenis warna, ada yang putih, ungu, kuning. Selain sebagai pengganti nasi, ubi jalar juga telah dibuat menjadi makanan melalui berbagai jenis pengolahan.


  1. Talas 

Selanjutnya adalah talas yang juga merupakan salah satu sayuran umbi-umbian yang paling populer di Indonesia. Talas adalah sayuran akar yang memiliki rasa agak ringan yang berbeda. banyak penggemar.

Talas biasanya dibuat menjadi talas kukus atau keripik talas. Sayangnya, beberapa talas memberikan sensasi menyengat di lidah saat dimakan.


  1. Suweg 

Suweg merupakan tanaman yang masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa.Suweg sering disamakan dengan Ilesil karena sama-sama menghasilkan umbi batang yang bisa dimakan. Suweg sendiri merupakan jenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur.

Suweg merupakan sayuran umbi-umbian yang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. 


  1. Uwi

Uwi sendiri mirip dengan Suweg, namun warna umbinya putih dan ungu. Uwi memiliki rasa manis yang khas, hampir mirip dengan ubi. 


  1. Bengkuang

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga untuk kecantikan kulit.

Memiliki daging buah yang bulat berwarna putih dengan rasa manis dan menyegarkan, membuat bengkoang menyerupai buah. Bengkoang biasanya dimakan langsung, dijadikan lalapan buah, asinan buah atau ditumis sebagai isian makan.


  1. Gadung

Nama umbi gadung menjadi salah satu jenis umbi yang kurang populer. Namun di beberapa daerah, jenis umbi-umbian ini sangat populer.

Gadung biasanya dibuat menjadi keripik atau kerupuk.Namun berbeda dengan sayuran umbi-umbian lainnya, Anda harus melalui beberapa proses untuk mengolah gadung, karena gadung dapat menyebabkan keracunan makanan jika dimakan langsung.


  1. Wortel

Wortel juga merupakan salah satu jenis sayuran akar yang paling populer.Bahkan memiliki warna cerah yang terlihat sangat menarik. Saat ini wortel termasuk sayuran umbi-umbian yang sering dicampur dengan sayuran hijau. 

Wortel juga sering dibuat jus untuk menjadi minuman yang menyehatkan. Karena kandungan vitamin A pada wortel sangat tinggi.


  1. Gembolo

Rasa Gembolo juga sangat mirip dengan Gembili. Namun, perbedaan mereka terletak pada waktu panen.

Jika gembili dapat dipanen dalam waktu yang relatif singkat, yaitu beberapa bulan, maka gembili membutuhkan masa tanam yang lama hingga satu tahun atau lebih, sehingga tidak heran jika umbi jenis ini cukup sulit ditemukan di pasaran.


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog