Skip to main content

3 Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online dan Offline

3 Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online dan Offline, Simak di Sini!

Sumber: Universitas Medan Area

BPJS Ketenagakerjaan sudah menyediakan layanan cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online. Adapun tujuan dari adanya layanan pencairan BPJS Ketenagakerjaan online ini adalah untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT). 

Nama layanan online ini adalah Layanan Tanpa Kontak Fisik atau disingkat menjadi Lapak Asik. Dengan layanan ini, sekarang kamu tidak perlu repot – repot antri di cabang untuk mencairkan dana JHT. Lantas, bagaimana cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online? Berikut beberapa caranya yang bisa kamu coba. 

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Sumber: Amartha Blog

  1. Langkah pertama, membuka website antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Pastikan sudah menyiapkan syarat dan ketentuan dengan lengkap, lalu klik ‘Berikutnya’.
  3. Kemudian isi data pekerja, pekerja tambahan, alasan klaim dan dokumen pendukung, serta konfirmasi data pengajuan. 
  4. Setelah itu, dokumen yang sudah dikirim akan segera diverifikasi dan dikonfirmasi oleh petugas. 
  5. Kemudian, petugas akan menginformasikan mengenai status pengajuan klaim melalui kontak yang sudah dicantumkan sebelumnya baik nomor HP, nomor WhatsApp, atau email. 
  6. Terakhir, selama masa tunggu pencairan BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa melakukan tracking klaim atau pelacakan di alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/tracking. 

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Jamsostek Mobile (JMO)

Sumber: Sonora.id

  1. Buka dulu aplikasi JMO di HP, lalu pilih menu ‘Jaminan Hari Tua’. 
  2. Pada halaman Jaminan Hari Tua, silahkan pilih ‘Klaim JHT’.
  3. Jika sudah memenuhi syarat pengajuan klaim JHT, maka akan terlihat 3 centang hijau, silahkan klik ‘Selanjutnya’. 
  4. Pilih salah satu alasan klaim JHT, lalu klik tombol ‘Selanjutnya’. 
  5. Silahkan cek data kepesertaan, jika semua data sudah benar, pilih tombol ‘Sudah’. 
  6. Selanjutnya melakukan swafoto dengan meng-klik ambil fotor dengan mengikuti ketentuan yang tertera di layar. 
  7. Kemudian melengkapi data NPWP dan rekening yang aktif, lalu klik ‘Selanjutnya’. 
  8. Setelah itu akan muncul rincian saldo yang akan dibayarkan pada halaman rincian saldo JHT, silahkan klik ‘Selanjutnya’. 
  9. Lakukan pengecekan ulang semua data, jika semua data sudah benar silahkan klik tombol ‘konfirmasi’. 
  10. Dan proses pengajuan klaim JHT sudah selesai. 
  11. Jika ingin mengetahui proses klaim, kamu tinggal buka menu tracking klaim. 

Itulah 2 cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online yang bisa kamu coba dengan mudah. Tapi, jika kamu ingin mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara offline, berikut langkah – langkahnya : 

Sumber: Catapa

  • Pastikan kamu sudah membawa dokumen asli yang dibutuhkan. 
  • Kemudian aktifkan fitur GPS dan pastikan berada di sekitar lokasi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. 
  • Setelah tiba di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, silahkan lakukan scan QR Code. 
  • Kemudian isi data di kolom yang tersedia. 
  • Unggah seluruh dokumen persyaratan klaim JHT. 
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan klaim JHT berhasil dilakukan. 
  • Setelah menerima notifikasi pengajuan klaim berhasil, perlihatkan notifikasi tersebut kepada petugas untuk mendapatkan nomor antrean. 
  • Setelah proses verifikasi dari wawancara berhasil, kamu akan mendapatkan tanda terima. 
  • Proses pengajuan klaim selesai. Sekarang kamu jangan lupa memberikan penilaian kepuasaan di e-survey. 
  • Tunggu sampai saldo JHT masuk ke rekening kamu. 

Itulah informasi seputar cara pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online dan offline. Bagi kamu yang ingin melakukan klaim JHT atau pencairan BPJS Ketenagakerjaan, pastikan sudah menyiapkan semua dokumen persyaratan dengan lengkap. 

Baca juga: Resepsi Pernikahan New Normal, Bagaimana Prosesnya?

Sumber: https://beritanakmuda.com/


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog