Skip to main content

7 Faktor Penyebab Turun Naiknya Harga Saham

7 Faktor Penyebab Turun Naiknya Harga Saham, Simak di Sini!

Sumber: Stockbit Snips

Turun naiknya harga saham merupakan hal yang lumrah terjadi. Salah satu penyebab saham turun naik yaitu adanya permintaan dan ketersediaan. Harga saham sekalipun yang termasuk dalam kategori saham blue chips tetap bisa mengalami penurunan. Sebaliknya, saham yang termasuk kategori Lapis Tiga bisa naik secara signifikan tanpa diduga – duga. 

Terdapat sejumlah faktor mendasar yang bisa mengakibatkan turun atau naiknya harga saham. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Aksi Korporasi Perusahaan

Sumber: Universitas Airlangga

Aksi korporasi perusahaan yang dimaksud disini yaitu berbentuk kebijakan yang diambil oleh jajaran manajemen perusahaan. Dampak dari kebijakan itu dapat mengubah hal – hal yang bersifat fundamental dalam perusahaan. Adapun contoh dari aksi korporasi perusahaan adalah seperti terjadinya akuisi, merger, right issue, dan divestasi. Kebijakan – kebijakan fundamental dari perusahaan tersebut secara otomatis akan mempengaruhi harga saham di bursa. 

Proyeksi Kinerja Perusahaan Pada Masa Mendatang

Sumber: Kajian Pustaka

Perkiraan performa atau kinerja sebuah perusahaan juga menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi turun naiknya harga saham. Sebab, para investor maupun analis fundamental menjadikan performa perusahaan sebagai acuan dalam melakukan pengkajian terhadap saham perusahaan. 

Adapun beberapa faktor yang sering menjadi sorotan diantaranya yaitu tingkat dividen tunai, tingkat rasio utang, rasio nilai buku (Price to Book Value/PVB), earnings per share (EPS), dan tingkat laba suatu perusahaan.

Baca juga: Update Terbaru Perkembangan Ibu Kota Baru

Kebijakan Pemerintah

Sumber: Zurich

Turun naiknya harga saham juga dipengaruhi oleh kebijakan Pemerintah meskipun kebijakannya masih berupa wacana dan belum terealisasi. Terdapat banyak contoh kebijakan Pemerintah yang mengakibatkan volatilitas harga saham diantaranya kebijakan ekspor impor, kebijakan perseroan, kebijakan utang, kebijakan Penanaman Modal Asing (PMA), dan lain sebagainya. 

Fluktuasi Kurs Rupiah Terhadap Mata Uang Asing

Sumber: Joinan

Melemah atau menguatnya kurs rupiah terhadap mata uang asing kerap menjadi faktor yang menyebabkan fluktuasi harga saham di bursa. Konsekuensi dari turun naiknya kurs tersebut bisa menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi perusahaan – perusahaan tertentu, terutama yang memiliki beban utang mata uang asing yang akan dirugikan akibat melemahnya kurs. 

Kondisi Fundamental Ekonomi Makro

Sumber: Finansialku

Turun naiknya harga saham juga dipengaruhi oleh kondisi fundamental ekonomi makro. Contohnya, turun naiknya suku bunga disebabkan oleh kebijakan Bank Sentral Amerika (Federal Reserve). Tingkat inflasi juga merupakan salah satu faktor kondisi ekonomi makro penyebab saham turun naik. 

Rumor Dan Sentimen Pasar

Sumber: Accurate Online

Pasar saham sangat rentan akan informasi manipulatif, berita, maupun rumor. Hanya sebatas isu yang tidak diketahui darimana sumbernya saja bisa mempengaruhi turun atau naiknya harga saham. 

Contohnya, seorang CEO atau direksi perusahaan tertentu membuat sebuah pernyataan yang positif atau negatif. Harga saham dari perusahaan yang bersangkutan secara otomatis bisa terkoreksi, apakah turun atau naik secara tiba – tiba. 

Karena itu, faktor ini seringkali menjadi pertimbangan tertentu para analis sebelum memutuskan untuk mengambil saham tersebut.

Faktor Manipulasi Pasar

Sumber: Blog Ternak Uang

Turun atau naiknya harga saham juga secara langsung kerap dipengaruhi manipulasi pasar saham. Umumnya manipulasi pasar saham dilakukan oleh investor – investor berpengalaman dan memiliki modal besar. Mereka akan menggunakan media massa untuk memanipulasi kondisi tertentu demi tercapainya tujuan mereka, baik meningkatkan atau menurunkan harga saham. 

Namun biasanya faktor manipulasi pasar ini tidak akan bertahan lama. Sebab, perusahaan masih mengantongi aspek – aspek fundamental yang sudah terekam didalam laporan keuangannya yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan harga saham ke kondisi sebelumnya. 

Baca juga: Mengenal Pengertian Pasar Bebas Beserta Peran dan Manfaatnya

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog