Skip to main content

Pepatah Minang Tentang Kehidupan Sehari – Hari


Belajar dari pepatah minang akan memberikan ilmu yang bermanfaat. Pepatah minang mengajarkan banyak hal terutama tentang aspek kehidupan sosial. Keseharian manusia dapat dilalui dengan bersosial dan saling berbagi antar sesama. Dengan mengedepankan moral dan perilaku serta kasih sayang akan menjadikan pribadi lebih bermartabat. Berikut adalah Pepatah Minang Tentang Kehidupan Sehari – Hari antara lain :


  1. Nan buto pahambuih saluang, Nan pakak palapeh badia, Nan patah pangajuik ayam, Nan lumpuah paunyi rumah Yang, Nan binguang kadisuruah-suruah


Pepatah minang tersebut menjelaskan bahwa semua ciptaan Allah memiliki sebab dan semuanya tidaklah sia – sia, semua ciptaannya memiliki makna dan manfaat yang saling melengkapi di dunia. Walaupun ada yang memiliki kecacatan fisik, namun semua itu tetaplah masih diberkati dengan kemampuan lain yang bermanfaat.


  1. Dima bumi dipijak, disinan langik dinunjuang


Pepatah minang diatas telah memberitahukan bahwa setiap manusia harus dapat menyesuaikan diri. Dengan menghormati adat istiadat dimanapun kita berada akan sama dengan menghormati manusia yang lainnya.


  1. Maminteh sabalun anyuik, Malantai sabalun lapuak, Ingek-ingek sabalun kanai


Jadilah pribadi yang selalu berwaspada dan tetaplah untuk berhati – hati dalam bertindak. Berhati – hati terhadap diri sendiri dan orang lain serta mewaspadai apapun disekitar baik berupa organisme dan habitat lainnya.



  1. Ingek di rantiang ka mancucuak, Tahu didahan ka maimpok


Jadilah pribadi yang mempunyai sikap kebijaksanaan serta arif terhadap lingkungan terlbih jika terkait dengan bahasa dan tutur kata. Manusia harus dapat menempatkan posisi yang tepat.


  1. Sasa Dahulu Pandapatan, Sasa Kudian Indak Baguno


Dalam sebuah kegiatan yang sedang dilakukan maka perlu untuk memikirkannya secara matang. Dengan memikirkan tindakan secara matang maka hal tersebut difokuskan untuk tercapainya suatu tujuan. Karena bukan hanya kita yang akan terkena dampaknya namun orang lain yang tidak tahu menahu juga bisa terdampak.


  1. Duduak Marauik Ranjau Tagak Maninjau Jarak


Pepatah minang diatas telah memberitahukan bahwa menjadi orang yang rajin akan mengetahui banyak hal, dengan memanfaatkan segala waktu yang ada tanpa menyiakannya. Lakukanlah segala kewajiban yang telah diberikan dengan penuh keiklasan.


  1. Walau kaie nan dibantuak, ikan dilauik nan dihadang


Ketika sedang bekerja terapkanlah visi serta misi yang telah berada pada tempat yang ditempatinya. Perlu untuk dapat mempersiapkan diri dari segala upaya baik masalah dan tanda bahaya yang mungkin akan terjadi kedepannya.


  1. Tangan mamancang, bahu mamikua


Apapun yang sudah dilakukan maka semua itu perlu dipertanggungjawabkan. Tidak hanya berupa tindakan melainkan ucapan hingga kata – kata yang dilontarkan juga perlu dipertanggungjawabkan. Lakukanlah pekerjaan yang diberikan dengan penuh ketulusan dan hindarilah berbohong.


  1. Ka mudiak sa antak galah, ka hilia sarangkuah dayuang, asuai lahie jo bathin, sasuai muluik jo hati


Pepatah minang tersebut menjelaskan bahwa menjalin silaturahmi terhadap sesama akan membawa ikatan persaudaraan yang erat. Manusia dianjurkan untuk saling memegang erat kerjasama tim dan berkolaborasi antar sesama baik dalam ikatan bisnis, kemajuan daerah hingga faktor pemecahan masalah antar lingkup sosial.



  1. Satitiak Jadikan Lauik, Sakapa Jadikan Gunuang


Setiap ilmu baik budaya hingga adat haruslah diamalkan dan diwariskan turun temurun. Noma adat dan budaya adalah warisan dari nenek moyang yang perlu dilestarikan. Ilmu adalah jembatan yang bisa mengantarkan manusia menuju kearah yang lebih baik.


Pepatah Minang Tentang Kehidupan Sehari – Hari akan menjadikan hidup menjadi lebih bermakna. Mengikuti saran dari Minang akan membawa kedamaian.

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog