Skip to main content

Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Kemenag Anggaran 2022

Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Kemenag Anggaran 2022

Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Kemenag Anggaran 2022

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 749 Tahun 2021 tentang Program Kemandirian Pesantren, disebutkan bahwa Program Kemandirian Pesantren sudah ditetapkan sebagai program prioritas Kementerian Agama dengan tujuan untuk mengoptimalkan sumber daya pesantren serta untuk meningkatkan kesejahteraan Pesantren dan masyarakat. 

Kemudian, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 1252 Tahun 2021 tentang Peta Jalan Kemandirian Pesantren, disebutkan bahwa untuk meningkatkan kapasitas Pesantren dalam hal pengelolaan unit bisnis sebagai sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan sebagai bagian dari pencapaian Peta Jalan Kemandirian Pesantren perlu dikembangkan kerjasama terkait penguatan unit bisnis pesantren melalui pengembangan proyek – proyek inkubasi bisnis. 

Untuk informasi selengkapnya, berikut akan dijelaskan strategic goal dari program bantuan inkubasi bisnis pesantren beserta bentuk dan rincian bantuan, serta persyaratan dan kelengkapan proposal :

Strategic Goals Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren

Dalam Peta Jalan Kemandirian Pesantren, Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren memiliki strategic goals dalam hal :

  • Guna menguatkan fungsi pondok pesantren dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul dalam hal ilmu agama, keterampilan kerja, dan kewirausahaan. 

  • Guna menguatkan pondok pesantren dalam pengelolaan unit bisnis sebagai sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan. 

  • Guna menguatkan pondok pesantren dalam menjalankan fungsi Pemberdayaan Masyarakat dengan menjadi community economic hub di lingkungan sekitarnya.

  • Guna menguatkan peran Kementerian Agama untuk mewujudkan Kemandirian Pesantren. 

Bentuk dan Rincian Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren

  • Kategori Satu

Pondok pesantren yang belum punya unit usaha, dan dana bantuan yang diberikan ditujukan untuk membentuk unit usaha baru berdasarkan hasil presentasi serta verifikasi rencana usaha (business plan).

Dana bantuan untuk kategori satu sebesar Rp. 250 juta. 

  • Kategori Dua

Pondok pesantren yang sudah punya unit usaha dengan nilai rencana usaha (business plan) untuk pengembangkan maksimal Rp. 250 juta berdasarkan hasil presentasi serta verifikasi rencana usaha (business plan). 

Dana bantuan untuk kategori dua sebesar Rp. 250 juta. 

  • Kategori Tiga

Pondok pesantren yang punya unit usaha dengan nilai rencana usaha (business plan) untuk pengembangan maksimal Rp. 500 juta berdasarkan hasil presentasi serta verifikasi rencana usaha (business plan). 

Besaran dana bantuan untuk kategori tiga adalah Rp. 500 juta. 

  • Kategori Empat

Pondok pesantren yang memiliki unit usaha dengan nilai rencana usaha (business plan) untuk pengembangan maksimal Rp. 600 juta berdasarkan hasil presentasi dan verifikasi rencana usaha (business plan).

Besaran dana bantuan untuk kategori empat adalah Rp. 600 juta. 

Persyaratan Dan Kelengkapan Proposal

Penerima Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren adalah pondok yang :

  • Sudah terdaftar di Kementerian Agama yang dibuktikan dengan menunjukkan Piagam Statistik Pesantren. 

  • Sudah mendapat rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten atau Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi sesuai domisili pesantren yang menyatakan keberadaan, keaktifan, serta kelayakan sebagai lembaga penerima Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren.

  • Tidak terdaftar sebagai Pesantren penerima Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren ditahun 2021. 

  • Pesantren yang aktif mengikuti dan dinyatakan lulus dalam pelatihan pengembangan usaha yang diselenggarakan Kementerian Agama. 

  • Dan pesantren yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan berdasarkan presentasi serta verifikasi rencana usaha (business plan) yang dibuat dan mendapatkan rekomendasi dari tim ahli. 

Proposal Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren bisa diajukan pada tanggal 1 hingga 25 Maret 2022 melalui https://ditpdpontren.kemenag.go.id/layananbantuan/.


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog