Skip to main content

Selain Cimplung Singkong, Olahan Berikut Juga Wajib Dicoba untuk Dijadikan Camilan, Enak!

Merupakan salah satu olahan tradisional, Cimplung Singkong ternyata punya banyak variasi rasa berbeda dengan resep olahan berbeda tentunya. Penasaran, bagaimana rasanya? Langsung coba buat dengan mengikuti beberapa resep berikut ini, yuk! 

  1. Cimplung Singkong 

Cimplung Singkong atau Singkong Mandi Gula dapat Anda buat dengan mengukus singkong yang masih muda hingga matang. Sebelum itu, pisahkan singkong dari kulitnya, lalu cuci bersih. 

Selanjutnya, siapkan air dalam wajan, gunakan api sedang untuk memanaskan gula merah atau gula Jawa. Jika sudah mendidih, Anda dapat memasukkan singkong rebus dan membiarkan gulanya meresap dan melapisi singkong, sebagai aromatik, Anda bisa menambahkan daun pandan sebelum memasukkan singkong ke dalam rebusan gula. 

  1. Cimplung Kentang

Untuk membuat cimplung kentang, Anda cukup menyiapkan beberapa butir kentang, kemudian rebus atau kukus hingga matang. Selanjutnya, haluskan dan campur dengan tepung sagu plus tepung terigu beberapa sendok makan saja, tambahkan garam, ketumbar dan lada bubuk secukupnya. 

Untuk menambah citarasa, haluskan bawang putih dan bawang merah dengan perbandingan 1 : 2. Jika satu bawang putih, bawang merah berjumlah dua. 

Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulat atau oval, kemudian, siapkan wajan dengan minyak panas dan goreng adonan hingga berwarna keemasan. Sajikan cimplung kentang ini dengan nasi hangat, ya. 

  1. Cimplung Tape

Untuk mendapatkan Cimplung Tape, siapkan bahan utamanya, yaitu Tape dengan tekstur tidak terlalu lembek. Selanjutnya, buat adonan untuk lapisan tape dengan tepung terigu, air matang, dan sedikit garam. 

Kemudian, masukkan tape ke adonan dan goreng di minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan dan angkat. Berikutnya, Anda dapat membuat saus gula merah dengan mendidihkan air terlebih dahulu. 

Untuk menambah rasa berbeda, Anda dapat menambahkan karamel ke dalam adonan saus. Sajikan tape goreng dengan saus gula karamel secara terpisah ataupun langsung dicelupkan. 

  1. Cimplung Pisang Goreng

Siapkan 6 buah pisang gepok dan potong menjadi beberapa bagian. Campurkan 5 sdm tepung terigu dengan air, pastikan agar tidak terlalu kental ataupun sebaliknya. 

Berikutnya, masukkan pisang yang telah dipotong-potong ke dalam adonan. Siapkan wajan dengan minyak goreng, hidupkan api dengan tingkat sedang. 

Selanjutnya, goreng pisang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Kemudian, panaskan air dan masukkan gula merah yang telah disisir. 

Jika gula sudah mengental, masukkan pisang goreng ke dalamnya. Biarkan gulanya meresap dan melumuri seluruh bagian pisang goreng. 

  1. Cimplung Nangka Tepung Roti

Siapkan nangka yang telah matang, kemudian pisahkan dari bijinya. Jika diperlukan, Anda bisa memotong setiap bagian buah menjadi beberapa bagian kecil. 

Selanjutnya, siapkan adonan tepung terigu dengan air dan tepung roti tanpa air di mangkok terpisah. Masukkan nangka ke dalam adonan tepung terigu, kemudian celupkan ke tepung roti, lakukan beberapa kali hingga nangka benar-benar tertutupi. 

Berikutnya, goreng nangka di minyak panas dengan api sedang, biarkan hingga matang atau berwarna kuning keemasan. Jika nangka sudah digoreng semuanya, Anda bisa mencairkan gula merah atau gula Jawa, caranya didihkan air dan masukkan gula yang telah disisir, jangan biarkan gosong dengan cara terus mengaduknya. 

  1. Cimplung Purwakarta

Untuk membuat cimplung khas Purwakarta, siapkan kentang kukus dan pisahkan dari kulitnya. Buat adonan tepung terigu, gula pasir, garam, kaldu bubuk, dan putih telur. 

Tambahkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan dan juga merica bubuk. Bentuk adonan dengan ukuran sesuai selera. 

Pecahkan beberapa butir telur dan tambahkan sedikit garam. Celupkan adonan yang telah dibentuk sebentar ke dalam telur kocok, kemudian goreng hingga matang merata. 

  1. Cimplung Banyumas

Cimplung khas Banyumas tidak jauh berbeda dengan Cimplung Singkong pada umumnya. Untuk membuatnya, Anda bisa menyiapkan singkong yang telah dipisahkan dari kulitnya dan sudah dicuci bersih. 

Potong hingga beberapa bagian, kemudian diamkan dalam air beberapa menit. Selanjutnya, rebus air hingga mendidih dan tambahkan sedikit garam. 

Masukkan gula merah dalam air dan singkong yang telah bersih, biarkan rebusan hingga mendidih dan meletup-letup. Aduk beberapa kali dan biarkan gula meresap ke dalam singkong. Jika sudah matang, hidangkan. 

  1. Cimplung Roti Tawar

Untuk membuat cimplung roti tawar, siapkan air dan didihkan dengan krimer. Tambahkan daun pandan untuk menambah aroma. Jika saus krimer sudah siap, hidangkan dengan roti tawar dan nikmati selagi hangat, nah itulah beberapa resep membuat cimplung singkong dan olahan serupa. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog