Skip to main content

Sisi Menarik Alat Musik Tradisional Papua


Saat menghadiri upacara adat pasti kita akan diperlihatkan dengan tampilan alat musik tradisional. Papua memiliki banyak alat musik tradisional yang sering dimainkan sebagai pengiring dari upacara adat.  Alat musik tradisional Papua terkenal unik dengan bentuk – bentuknya yang menarik perhatian banyak orang. Berikut Sisi Menarik Alat Musik Tradisional Papua antara lain :


  1. Memiliki cara main yang unik


Ada beberapa alat musik tradisional Papua yang memiliki sisi menarik di dalamnya. Perlu diketahui bahwa sebagian alat musik tradisional Papua memiliki cara main unik. Contohnya seperti alat musik paar dan kee. Pada awalnya kedua alat musik ini memiliki fungsi menutupi alat kelamin pria. Namun di zaman sekarang paar dan kee dapat digunakan sebagai alat musik. Kedua alat musik ini dipasang melingkari pinggang. Dengan begitu paar dan kee akan menciptakan suatu nada ritmis saat penggunanya melakukan sebuah tarian yang menggerakkan kedua kakinya. Sehingga paar dan kee akan saling bertabrakan sehingga membentuk suatu melodi yang khas. 


  1. Dapat digunakan sebagai alat komunikasi


Papua terkenal akan alat musik tradisionalnya. Salah satu hal menarik dari alat musik tradisional Papua adalah dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Sejak zaman dahulu alat musik digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Komunikasi menggunakan alat musik tradisional Papua lebih sering dilakukan saat peperangan. 


  1. Memiliki ukiran khas Papua


Perlu diketahui bahwa alat musik merupakan salah satu budaya Indonesia yang perlu dikembangkan. Saat ini semua orang sudah mulai mengetahui alat musik tradisional Papua. Hal tersebut dikarenakan alat musik tradisional Papua memiliki ukiran khas Papua yang menjadi daya tariknya. Ukiran yang terdapat pada alat musik tradisional Papua cenderung memiliki arti khusus. 


  1. Menggunakan kulit hewan dalam pembuatannya


Salah satu sisi menarik yang ada di alat musik tradisional Papua adalah menggunakan kulit hewan dalam pembuatannya. Alat musik tradisional Papua lebih sering terbuat dari kayu dan kulit hewan. Hal tersebut dikarenakan kayu dan kulit hewan memiliki tekstur awet sekaligus tahan lama. 



  1. Memiliki banyak makna 


Alat musik tradisional Papua dinilai memiliki banyak makna dalam permainannya. Semua orang tahu bahwa alat musik tradisional mudah ditemui di berbagai acara adat suatu daerah. Papua menjadi daerah yang menjalankan acara adat setiap harinya. Bahkan acara adat dan keagamaan sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari – hari mereka. Karena itulah wilayah Papua memiliki banyak alat musik dengan makna – makna bagus di dalamnya. Salah satu alat musik tradisional Papua yang memiliki makna menarik adalah tifa. Tifa dikenal sebagai alat musik tradisional Papua yang melambangkan kedamaian.


  1. Membuat ritual upacara adat semakin khusuk


Papua dikenal sebagai wilayah yang suka melakukan banyak upacara adat. Masyarakat suku Papua lebih membutuhkan alat musik tradisional Papua sebagai pelengkap upacara adat. Hal tersebut dikarenakan alat musik tradisional Papua dapat membuat ritual upacara adat semakin khusuk. Terlebih lagi ritme yang dihasilkan oleh alat musik tradisional Papua dapat menenangkan jiwa seseorang.


  1. Menghasilkan nada menenangkan 


Alat musik tradisional Papua dinilai dapat menghasilkan nada menenangkan. Semua orang tentunya tahu bahwa Papua memiliki banyak alat musik tradisional. Jika dimainkan secara benar maka alat musik tradisional Papua bisa menghasilkan nada yang menenangkan jiwa dan pikiran. Dengan nada yang terlihat merdu akan membuat suasana terlihat lebih damai dan tenang.


Sisi Menarik Alat Musik Tradisional Papua akan membuat suasana semakin menyenangkan. Sebagai generasi muda, kita harus membantu melestarikan alat musik tradisional supaya tidak punah.

Baca juga: Rangkaian Upacara Pernikahan Suku Betawi 

 

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog