Skip to main content

Hadits Tentang Keutamaan Bersedekah

Bersedekah termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut sedekah sebagai burhan (bukti). Pasalnya, sedekah merupakan bukti iman seseorang terhadap adanya hari kiamat. 

Dalam Al Quran Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, lalu ia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian) ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang sholeh.” (QS. Al-Munafiqun : 10). 

Bicara soal sedekah, ada beberapa hadits yang menerangkan tentang sedekah dan keutamaannya. Berikut hadits sedekah dan keutamaannya : 

Hadits 1

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ “Segeralah untuk bersedekah sepagi mungkin, karena bencana tidak melangkahi sedekah.”

Hadits di atas bermakna menunjukan anjuran untuk mensegerakan bersedekah. Atau bisa juga diartikan sebagai anjuran untuk bersedekah sepagi mungkin. Namun sayang, hadits ini statusnya sangat lemah.

Hadits yang diriwayatkan at-Thabrani dalam Mu’jam al-ausath dan statusnya dhoif jiddan (lemah sekali). Hal ini dikarenakan ada perawi yang bernama Sulaiman bin Amr an-Nakha’i dan ia pemalsu hadits. (al-Maudhu’at, 2/153). 

Hadits 2

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda : “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, “Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah”. Malaikat yang satu berkata, “Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah). 

Hadits 3

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda : “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi). 

Hadits 4

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda : “Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Hadits 5

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda : “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Baca juga: Beberapa Nama Bayi laki-laki Islam dan Artinya

Hadits 6

Dalam sebuah hadits dari Abu Malik al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sholat adalah cahaya, sedekah itu burhan, dan sabar itu sinar.” (HR. Muslim 556 & Ahmad 22902). 

Hadits 7

Dari Salman bin Amir dari  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam, beliau bersabda : “Sedekah atas   orang miskin itu adalah satu (pahala) sedekah dan dia atas yang memiliki hubungan rahim itu dua (pahala): sedekah dan silaturrahim.” (HR. At-Tirmidzi). 

Hadits 8

Dari kakek Said bin Burdah, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam, beliau bersabda : “Atas setiap muslim ada kewajiban sedekah. Mereka bertanya: Wahai Nabi Allah, lalu orang yang tidak mampu? Beliau bersabda: Hendaknya dia berusaha dengan tangannya sehingga memberi manfaat untuk dirinya dan bisa bersedekah.

Mereka bertabta: Kalau dia tidak mampu? Beliau menjawab: Hendaknya dia menolong orang yang membutuhkan dan kepayahan. 

Mereka bertanya : Kalau dia tidak mampu? Beliau menjawab: Hendaklah dia mengerjakan yang ma’ruf dan menahan diri dari kejelekan. Sesungguhnya itu adalah sedekah untuknya.” (Muttafaqun alaih).  

Hadits 9

Buraidah berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam, beliau bersabda : “Tidaklah seseorang mengeluarkan sesuatu sedekah kecuali dia melepaskan darinya janggut 70 setan.” (HR. Ahmad). 

Comments

Popular posts from this blog

6 Produk Skincare Dasar Ini Wajib Dimiliki Para Remaja Pemula, Yuk Kepoin !

diversitybeautiful.com - Para remaja harus benar benar selektif dalam memilih produk produk skincare yang akan dipakainya. Karena tidak semua produk skincare itu dirancang khusus cocok dipakai pada kulit remaja. Tidak sedikit remaja yang merasa bimbang dalam memilih produk skincare yang akan cocok dengan jenis kulit yang mereka miliki. Karena adanya beberapa produk skincare yang memang dirangcang khusus hanya untuk jenis kulit berminyak, kering, serta berjerawat. Tentunya melakukan perawatan kulit wajah itu harus dimulai sejak dini. Hal ini penting dilakukan supaya nanti kulit wajah mereka tidak akan mengalami masalah dikemudian hari.  Jika kamu seorag remaja yang berencana baru akan memakai produk skin care untuk pertama kalinya, maka sebaiknya jangan menggunakan banyak produk skincare dulu. Cobalah memakai produk yang memang benar benar dibutuhkan kulit wajahmu. Berikut dibawah ini beberapa produk skincare dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula, diantaranya yaitu :  1. Facial W

Pentingnya Mengajarkan Hadist Tentang Kebersihan Kepada Anak Sejak Dini

Segala sesuatu yang diajarkan sejak kecil biasanya akan menjadikan kebiasaan hingga dewasa. Seperti halnya mengajarakan kepada anak untuk menjaga kebersihan sesuai dengan hadist tentang kebersihan ala Rasulullah SAW.  Mengajarkan anak sedari dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan merupakan kewajiban orang tua.  Dalam Islam, seorang muslim wajib menjaga kebersihannya.  Allah sangat menyukai hal-hal yang suci. Mulai dari lingkungan atau tempat yang suci, badan yang suci hingga tubuh yang sehat dan selalu menjaga penampilan.  Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan bisa menumbuhkan pola pikir dan membentuk karakter menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan? Salah satunya yaitu mengajarkan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Mengajarkan Hadist Kebersihan Sejak Dini Kebersihan adalah Sebagian dari Iman Cara pertama mengajarkan anak hadist tentang menjaga kebersihan yaitu dengan memberikan pengetahuan ba

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Kamis (25/3), Begini Cara Daftarnya

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengatakan bahwa penerimaan peserta Program Kartu Prakerja Gelombang 16 dengan kuota 300 ribu orang telah dibuka pada Kamis (25/3) siang.  Louisa Tuhatu selaku Head of Communication PMO Kartu Prakerja berujar bahwa gelombang 16 dibuka pada Kamis (25/3) siang jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000. Dengan begitu genaplah target mereka untuk merekrut 2,7 juta di semester I tahun 2021. Sedangkan, soal jadwal penutupannya akan segera dikomunikasikan.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik seputar Program Kartu Prakerja Gelombang 16, diantaranya yaitu : Kartu Prakerja Akan Diberikan Kepada 2,7 Juta Orang Sampai Semester I 2021 Sebelumnya, pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 10 triliun. Pemerintah menargetkan 2,7 peserta Kartu Prakerja tersebut akan dapat dicapai pada bulan Maret 2021.  Setiap Peserta Akan Mendapatkan Bantuan Senilai Rp. 3.550.000 Prog